Martapura (Antaranews, Kalsel) - Arak-arakan) piala adipura yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar disambut meriah baik masyarakat maupun anak-anak sekolah yang berdiri di tepi jalan sepanjang rute dilintasi. 
     "Kami berterima kasih kepada masyarakat dan anak sekolah yang menyambut meriah arak-arakan adipura, penghargaan adipura ini untuk masyarakat," ujar Bupati Banjar Khalilurrahman di Martapura, Kamis. 
     Pernyataan itu disampaikan bupati usai menerima piala adipura dari perwakilan petugas kebersihan yang sebelumnya mengarak piala menyusuri sejumlah ruas jalan di pusat ibukota kabupaten itu. 
     Rombongan memulai start dari Stadion Demang Lehman Martapura sejak pukul 07.30 Wita melintasi Jalan Sekumpul menuju Jalan A Yani hingga ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura.
     Sepanjang jalan yang dilintasi masyarakat dan ratusan anak sekolah berdiri di tepi jalan untuk melihat piala adipura ke-7 dan enam piala adipura lain serta plakat yang diarak menggunakan mobil terbuka. 
     Sebelum tiba dipusat acara RTH Ratu Zalecha, Bupati Banjar beserta unsur Forkopimda yang mengikuti rombongan berhenti di Tugu Adipura Sungai Paring untuk membacakan Ikrar Adipura dan foto bersama. 
     Selanjutnya, sebelum memasuki 
RTH Ratu Zalecha peserta berbaris membawa piala Adipura diiringi kesenian daerah Sinoman Hadrah, dan piala diserahkan perwakilan petugas kebersihan kepada bupati. 
     "Keberhasilan mempertahankan adipura sekaligus meraih piala yang ke-7 kalinya berturut-turut berkas kerja keras seluruh pihak sehingga kami mengapresiasi apa yang telah dicapai," ujar bupati.
       Bupati mengimbau masyarakat Kabupaten Banjar tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman sehingga bisa mempertahankan adipura tahun 2019.
     "Mempertahankan lebih sulit jika dibandingkan meraihnya sehingga kami mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan baik di kawasan perumahan maupun tempat kerjanya," pesan dia. 
     Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Banjar Boyke W Triestyanto mengatakan sangat bersyukur atas keberhasilan mempertahankan piala adipura yang diraih berturut-turut 7 kali sejak tahun 2012.
     "Kami sangat bersyukur mampu mempertahankan adipura karena penilaian tim Kementerian LH sangat ketat dan penghargaan adipura ini kami persembahkan kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019