Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP), ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati oleh Bupati HSS H.Achmad Fikry di kantor KPU setempat.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina, di Kandangan, Jum'at (28/12), mengatakan RPP adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus, untuk melakukan seluruh program-aktifitas project edukasi masyarakat.

"Pada RPP ini satu sisi berbagai program pendidikan pemilih dilakukan, dan pada sisi yang lain ia menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu membangun gerakan," katanya.

Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: KPU HSS mohonkan pinjaman gedung penyimpanan penyortiran surat suara

Dijelaskan dia, berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi disediakan di rumah pintar pemilu.

Untuk menjalankan fungsi itu berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi dapat disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan KPU untuk terus berusaha menjadikan KPU sebagai tempat untuk orang bisa berkonsultasi, tentang persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pemilu.

Dikatakan dia, sangat menyadari dinamika yang dihadapi KPU dan Bawaslu, sehingga Forkopimda HSS sudah sepakat untuk mendukung penuh tugas-tugas KPU dan Bawaslu untuk kelancaran proses Pemilu 2019.

"Tugas kita bersama adalah mendorong masyarakat agar bisa menggunakan hak pilih dengan baik, sehingga keberhasilan tugas-tugas KPU dan Bawaslu sangat tergantung pada partisipasi para peserta pemilu baik partai politik maupun calon legislatifnya," katanya.
 

Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: KPU HSS raih lima besar penyusunan laporan pertanggungjawaban pemilu 2018

Menurut dia, pemilu 2019 nanti banyak hal yang berbeda disertai jumlah peserta lebih banyak dan juga semakin banyaknya jumlah TPS, dan sudah memperintahkan para ASN untuk ikut terlibat dalam penyelenggaraan pemilu, sehingga tidak ada kendala terhadap sumber daya manusia.

Kepada peserta pemilu, diharapkan dia partai politik dan pemilih pemula agar bisa memanfaatkan dan datang ke RPP,  untuk bertanya tentang persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pemilu.

Turut berhadir,  Ketua KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah beserta jajaran, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD H.Akhmad Fahmi, Forkopimda, para Komisioner KPU Kabupaten HSS, Bawaslu Kabupaten HSS, para kepala SKPD, para camat,  para pimpinan Partai Politik, PPK se Kabupaten HSS, dan komunitas penyandang disabilitas serta perwakilan pemilih pemula.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018