Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar acara Jambore Forum Anak Daerah (FAD) tingkat kabupaten.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS Hj.Is Susilastuti, di Kandangan, Senin (22/10), mengatakan jumlah peserta FAD sebanyak 87 orang yang merupakan perwakilan dari Forum Anak Kecamatan masing-masing ada lima orang.

"Forum Anak Kabupaten ada 20 orang dan Fasilitator Forum Anak satu orang, dengan komposisi peserta laki-Iaki dan perempuan secara seimbang ditambah pendamping dari 11 Kecamatan masing-masing," katanya, saat melaporkan kegiatan Jambore FAD, bertempat di aula dinas setempat.

Pembukaan Jambore Forum Anak Daerah (FAD) tingkat kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dinas PPKBPPPA HSS gelar bakti sosial pelayanan KB gratis

Dijelaskan dia, tujuan kegiatan ini memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengembangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persatuan mempertahankan nilai-nilai Iuhur budaya dan karakter bangsa.

Serta meningkatkan kapasitas anak tentang nasionalisme, memfasilitasi perwakilan anak-anak dari seluruh kecamatan, untuk membangun jaringan persaudaraan dan memberikan informasi pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas anak sesuai bakat, minat dan kemampuannya.

Disampaikan dia, anak-anak Kabupaten HSS saat mengikuti Jambore FAD Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) lalu, bisa meraih prestasi yakni juara pertama pentas seni terbaik, juara terbaik tiga untuk forum anak paling aktif , juara harapan satu untuk menampilkan film pendek dengan tema anak berkebutuhan khusus.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengucapkan selamat kepada anak-anak yang bisa berkumpul dalam arena Jambore FAD tingkat Kabupaten HSS, yang nantinya bisa mendengarkan masukan dari narasumber, juga bisa saling bersilaturahim dan bertukar informasi dari kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lain.

"Masalah yang dihadapi terhadap anak sangat banyak, sehingga diharapkan FAD bisa menjadi pelopor untuk menjadi anak yang baik dan betul-betul bisa menjadi contoh bagi anak-anak yang lain," katanya, saat membuka resmi Jambore FAD.

Peserta Jambore Forum Anak Daerah (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS Sosialisasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Diharapkan dia, hasil jambore ini bisa ditularkan kepada teman-teman peserta, menjadi anak-anak yang berprestasi yang bisa dipertahankan dimasa-masa yang akan datang.

Belajar dan sekolah itu di atas segala-galanya, berorganisasi itu boleh tetapi sekolah yang utama dan kedua-duanya harus berjalan seimbang, akademis dan prestasi.

Turut berhadir, Narasumber Dinas PPKBPPPA Provinsi Kalsel dan kabupaten Kepala Bappelitbangda Iwan Friady, para camat se Kabupaten HSS, Ketua Forwah HSS Ida Laeny dan peserta jambore.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018