Kandangan, (Antaranews Kalsel ) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkup Pemerintah Kabupaten(Pemkab) HSS, bertempat di Aula Pendopo Wakil Bupati HSS.

Kepala Dinas Kominfo HSS Hendro Martono, di Kandangan, Kamis (15/11), mengatakan sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, maka Diskominfo HSS selaku leading sektor PPID HSS melaksanakan kegiatan Rakor PPID untuk lingkup Pemkab HSS.

Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video - HSS launching Data Center Sehati plus Cinta

"Pemerintah adalah lembaga publik yang memiliki kewajiban untuk menyampaikan informasi-informasi kepada publik, informasi yang disampaikan kepada publik sudah di atur di perundang-undangan yaitu yang sifatnya terbuka harus disampaikan ke publik, yang dapat diakses oleh semua pengguna informasi publik, adapun informasi bersifat rahasia untuk dikecualikan," katanya.

Dijelaskan dia, Dinas Kominfo HSS mensosialisasikan tentang pengelolaan informasi publik ini kepada semua SKPD lingkup pemerintahan HSS yang mana anggota PPID merupakan perwakilan seluruh SKPD.

Kegiatan ini bertujuan agar SKPD mempunyai pemahaman dan kesadaran menyampaikan informasi-informasi kepada publik yang sesuai dalam perundang-undangan dan masyarakat pun akan mengetahui informasi-informasi publik berupa data, kegiatan dan kebijakan-kebijakan Pemkab HSS.

Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Lomba Jurnalistik destinasi wisata tumbuhkan minat menulis pelajar HSS

"Saya mengajak seluruh SKPD yang ada di lingkup Pemkab HSS bersama Dinas Kominfo Kabupaten HSS untuk saling mensolidkan tentang pelayanan informasi publik tersebut," katanya.

Rakor dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Kominfo HSS didampingi Sekretaris Dinas Kominfo HSS Asliansyah dan Kepala Bidang PPIP HSS Muhyaripandi, dihadiri para kepala bagian lingkup Setda Pemkab HSS, sekretaris SKPD dan para sekretaris camat sebagai PPID pembantu serta anggota sekretariat PPID dan para staf Dinas Kominfo HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018