Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar launching Data Center Sehati plus Cinta, yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS ditandai dengan pengguntingan untaian bunga Melati oleh Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kepala Dinas Kominfo HSS Hendro Martono,di Kandangan, Senin (29/10), mengatakan latar belakang berdirinya data center tersebut adalah sebagai upaya penyatuan data atau integrasi data berbasis teknologi informasi atau Information Technology (IT) di lingkungan Pemkab HSS.

"Penyajian data yang lengkap, cepat dan praktis hanya bisa dilakukan melalui terbangunnya data center IT, mengintegrasi semua aplikasi-aplikasi yang ada dan membantu membuatkan aplikasi sesuai kebutuhan SKPD dengan skala prioritas serta membantu pendampingan IT oleh programmer 1 X 24 jam," katanya.

Dijelaskan dia, data center adalah ruang khusus untuk menempatkan server komputer dan perangkatnya yang terhubung ke jaringan internet atau disebut juga pusat data IT.
   
Baca juga: Data Centre Sehati Plus Cinta mudahkan pekerjaan

Pada Data Center  disajikan peralatan IT berupa server, beberapa aplikasi penunjang administrasi Pemkab HSS yang sudah dibuat tim IT Dinas Kominfo diantaranya Simitraku, E-Kinerja, E-Surat, E-Absensi, Asik Kepegawaian, Hologram dan Digital Sync.

Data center sesuai visi RPJMD Kabupaten HSS Tahun 2018-2023  dalam rangka “Menuju Kabupaten HSS yang Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis (Cinta) untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat “.

Pada misi kelima yakni menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi dalam bingkai kehidupan yang agamis.

Dalam RPJMD juga disebutkan strategi pelaksanaan arah kebijakan misi ke lima yakni, melaksanakan akselerasi pembangunan melalui pptimalisasi teknologi informasi dengan membangun data center.
 
Lauching Data Center Sehati plus Cinta (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Lomba Jurnalistik destinasi wisata tumbuhkan minat menulis pelajar HSS

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga bisa menyajikan dan memulainya data center di HSS.

Ia mengatakan, Program RPJMD sudah mulai dilaksanakan, termasuk penggunaan IT terus digalakkan dan berharap berharap data center ini betul-betul bisa memberikan manfaat untuk kemajuan pembangunan HSS dan merupakan langkah awal untuk tersedianya data yang ada di HSS.

Diakhir acara, bupati juga menyerahkan tropi dan hadiah berupa uang pembinaan bagi para pemenang lomba karya jurnalistik bertema destinasi wisata, kerjasama Dinas Kominfo HSS dengan Forum Wartawan Daerah (Forwah) HSS beberapa waktu lalu.
 
Lauching Data Center Sehati plus Cinta (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018