Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Forum Wartawan Daerah (Forwah) Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, menggelar lomba jurnalistik bertema destinasi wisata tingkat pelajar SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten HSS.

Kepala Bagian (Kabag) Kehumasan dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) HSS Eko Harjidi Putra, di Kandangan, Sabtu (20/10), mengatakan mengapresiasi kegiatan lomba yang, melalui lomba jurnalistik bertema destinasi wisata daerah, diharapkan dapat menumbuhkan minat menulis dan kecintaan para pelajar pada dunia jurnalistik.

"Selain itu, melalui kegiatan lomba jurnalis, generasi muda semakin mengenal potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten HSS, dan dikenalkan kepada khalayak ramai tentang pariwisata yang ada di HSS," katatanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry, bertempat di Gedung Kesenian, Kandangan.
 

Lomba jurnalistik bertema destinasi wisata HSS(Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Forwah HSS bakal gelar lomba karya jurnalistik wisata

Dijelaskan dia, lomba ini juga selaras dalam upaya untuk mewujudkan Kabupaten HSS yang Cerdas, Inovasi, Teknologis, dan Agamis (Cinta)  baik dunia maupun akhirat sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati HSS.

Kegiatan positif yang digelar oleh forwah HSS ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan jurnalistik sebelumnya dan diharapkan dia kegiatan positif ini terus ditingkatkan dan dikembangkan lagi ke depannya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Sarana Informasi Publik Dinas Kominfo HSS Muhyaripandi, mengatakan lomba jurnalistik destinasi wisata yang dinilai sesuai dengan kaidah jurnalistik, yang temanya sudah ditentukan tentang lokasi-lokasi wisata yang ada di HSS.
 

Penjurian lomba jurnalistik bertema destinasi wisata HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Antisipasi Berita Hoax Saring Sebelum Sharing

"Juri yang menilai karya jurnalis peserta adalah Kabid Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pemuda Olahraga dan Wisata, Kabupaten HSS, Moh Zakir, dan Budayawan Muhammad Syarmidin dan bagi peserta yang masuk delapan besar diberikan waktu 10 menit untuk presentasi dan tanya jawab dengan juri,” katanya.

Ketua Forwah HSS Ida Laeny, mengatakan lomba jurnalis sekaligus jumpa insan pers ini diadakan untuk menumbuh kembangkan bakat para pelajar dalam menulis, terutama mengangkat destinasi wisata yang ada di HSS.

Dijelaskan dia, dalam lomba jurnalis destinasi wisata, yang dinilai cara penulisan sesuai dengan kaidah jurnalis, fokus, dan sesuai dengan tema dan terakhir para finalis yang masuk delapan besar ditampilkan untuk mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan juri dan undangan.
 

Para Juri dan Pemenang lomba jurnalistik bertema destinasi wisata HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Antisipasi Hoax Forwah HSS Gelar Pelatihan Jurnalistik

"Bagi pemenang lomba jurnalis, diberikan hadiah berupa uang dan dan piagam, juara pertama Rp2,5 juta, kedua Rp1,5 juta, ketiga Rp1 juta, dan harapan satu sampai tiga mendapatkan Rp750 ribu," katanya.

"Kami harapkan melalui lomba jurnalistik destinasi wisata, para pelajar bisa menulis sehingga bisa membantu daerah untuk mempromosikan wisata-wisata di HSS karena di Kabupaten HSS banyak sekali potensi-potensi wisata yang bisa diangkat, baik wisata alam, sejarah, dan religi.

Ditambahkan dia, untuk final yang digelar Sabtu (20/10) telah diumumkan para pemenang lombanya dan nantinya penyerahan hadiah direncanakan diserahkan langsung Bupati HSS H Achmad Fikry dalam rangkaian launching Data Center Sehati plus Cinta HSS, Dinas Kominfo HSS mendatang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018