Oleh Herlina Lasmianti
     Tanjung, (Antaranws.Kalsel) - Dua Tempat Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Recycle (3R) di Kabupaten Tabalong meraih predikat terbaik tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
     Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice mengatakan Pemkab setempat pun terpilih sebagai Best Practise atas komitmen dan dukungan pemerintah daerah terhadap program TPS 3R.
     Dua TPS 3R yang mendapat predikat terbaik masing - masing di Tanjung Selatan Bersinar dan TPS 3R Maju Bersama Maburai Kecamatan Murung Pudak.
     "Kita melibatkan kelompok swadaya masyarakat dalam pengelolaan TPS 3R yang di Tanjung Selatan dan Maburai," jelas Rowi.
     Sebelumnya Rowi memberikan pemaparan pada acara Best Pratice di Batam terkait pengelolaan TPS 3R yang menjadi bagian Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau.
      Beberapa program untuk mendukung Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau diantaranya membangun ruang terbuka hijau dari 7, 22 persen menjadi 20 persen untuk area publik.
     Termasuk mengembangkan tiga  Kampung Iklim dan satu Kampung Organik di wilayah ini.
     Sementara itu di  Kabupaten Tabalong terdapat empat  TPS 3R dan targetnya 2020 terbentuk 7 TPS baru di wilayah perkotaan.
     Dinas LH sendiri menggadeng pihak pusat oleh - oleh Kabupaten Tabalong dalam pemasaran produk 3R.
   Sedangkan daur ulang sampah digagas Perkumpulan Pusaka dengan sasaran siswa Sekolah Dasar sampai SMA maupun komunitas di 'Bumi Saraba Kawa'.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018