Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mengajak seluruh masyrakat untuk rutin memeriksa kesehatan, agar dapat mendeteksi dini penyakit stroke ataupun penyakit-penyakit lainnya.

Ia mengatakan, Hari Stroke ini agar dimanfaatkan untuk dapat melakukan pemeriksaan terhadap stroke, dan dengan diadakannya pelaksanaan peringatan ini agar dapat menjadi kampanye kesehatan untuk dapat menjaga pola hidup sehat.

Peringatan Hari Stroke Sedunia di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video - Pemkab HSS serius sukseskan imunisasi MR

"Kami menyambut baik terselenggaran peringatan ini di Kabupaten HSS, yang diselenggarakan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia, Cabang Banjarmasin, Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah," katanya, saat menghadiri peringatan Hari Stroke Sedunia di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Minggu (21/10).

Panitia Pelaksana peringatan menjelaskan, bawa setiap bulan Oktober dilaksanakan acara peringatan Hari Stroke Sedunia, dan untuk pelaksanaan di HSS kali ini ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, dimulai dari senam bersama dan juga pemeriksaan kesehatan.

Diketahui saat ini, stroke sampai saat ini masih merupakan penyakit yang mengancam setiap orang, dan umumnya menyebabkan kelumpuhan dan kematian, serta peringkat pertama penyebab kematian semua umur dan menjadi penyebab disabilitas.
 

Peringatan Hari Stroke Sedunia di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS raih penghargaan sertifikasi Malaria tahun 2018

Penanganan segera penyebab dan antisipasi penyakit tersebut dilakukan, termasuk dengan pemeriksaan rutin untuk dekteksi dini agar dapat menurunkan angka disabilitas dan kematian akibat stroke. 

Turut berhadir, Plh. Sekda HSS H. Hubriansyah,  para kepala SKPD, dan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia Cabang Banjarmasin Wilayah Kalimantan Selatan-Tengah serta masyarakat umum yang berhadir.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018