Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sekretariat Daerah Hulu Sungai Tengah (HST) kembali mengadakan Jum'at Taqwa yang diisi ceramah agama guna meningkatkan mental keagamaan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Auditorium Pemkab HST, Jum'at (19/10).

Plt Bupati HST H  A Chairansyah mengajak kepada seluruh ASN untuk bersama sama mendengar, menyimak serta mengamalkan isi ceramah yang disampaikan oleh KH Samsuni.

"Ada dua alasan mengapa jum'at taqwa ini selalu kita programkan yaitu suatu kewajiban bagi setiap orang menuntut ilmu agama dan bisa dijadikan jalinan silaturrahmi antar sesama pegawai disela sela kesibukan," katanya.

Dia mengingatkan mumpung waktu masih diberikan oleh Allah agar sama-sama dipergunakan sebaik-baiknya untuk mencari rezeki sekaligus diisi dengam nilai-nilai akhlak yang baik sehingga setiap pekerjaan dapat menjadi ibadah.

"Janganlah manusia seperti mesin aktifitasnya hanya kerja, makan dan istirahat, akan tetapi hendaklah dibarengi dengan keimanan dan keislaman, salah satunya dengan cara  mengikuti ceramah agama agar bisa memperoleh kebahagian dunia dan akhirat," ujarnya.

Penceramah agama yaitu Pengasuh Ponpes Minhajul Abidin KH Samsuni mengingatkan akan nikmat Allah berupa iman dan Islam serta kesehatan.

Oleh karena itu Dia mengajak kepada seluruh ASN untuk menggali nilai-nilai Ilahiyah, yang sudah menjadi fitrah manusia dalam mencari kebenaran. ASN dituntut  berwawasan luas dalam memahami fenomena jaman.

Menurutnya saat ini akhlak pejabat, politikus, pegawai bahkan masyarakat semakin merusut, padahal Indonesia ada serambi Mekkahnya, religius, ponpes dan majlis ta'lim hampir ada dimana-mana, disinilah perlunya roh nilai-nilai keislaman.

"Sebagai abdi masyarakat, ASN juga perlu merubah pola pikir dan bisa membedakan antara urusan agama dan budaya sehingga bisa menepis isu-isu negatif yang bisa membawa perpecahan sesama umat beragama serta antar umat beragama," katanya.

KH Samsuni bercerita wasiat Allah Swt kepada Nabi Musa agar manusia menjauhi tiga perkara yaitu janganlah menyakiti makhluk Allah, janganlah mengikuti hawa nafsu dan janganlah melalaikan kewajiban.

Baca juga: HST siap optimalisasi lahan lebak wujudkan lumbung pangan
Baca juga: HST dapat jatah lahan seluas Empat Hektar di Jejangkit

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018