Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mendapatkan jatah lahan sawah seluas Empat Hektar di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Batola.

Jatah tersebut untuk ditanami padi yang dilakukan jajaran Pemkab HST dalam rangkaian acara peringatan hari PanganSedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 yang digelar 16-21 Oktober.

Plt Bupati HST H A Chairansyah bersama para Kepala SKPD Lingkup Pemkab HST juga turut serta melakukan penanaman padi dan menanam pohon peneduh di area petakan sawah untuk HST sebagai peneduh ketika musim panas.

Kepala Dinas Pertanian HST Zainuddin menyampaikan bibit padi yang ditanam yaitu jenis siam margasari dengan sistem tanam jarwo 41 dan waktu panen diperkirakan 120 hari setelah tanam.

Pengolahan tanah dilakukan secara sempurna dan diberi pembenah tanah untuk meningkatkan pH dan menurutnya Dinas Pertanian akan melakukan pemeliharaan dan pemupukan sampai masa panen.

Plt Bupati HST H A Chairansyah juga mengaerakan tanam ini adalah sebagai wujud perhatian dan konstribusi Pemkab HST terhadap target tanam Provinsi Kalsel dalam rangka Hari Pangan Sedunia di Jejangkit yang rencananya akan dihadiri Presiden RI.

"Dengan semangat HPS ini mudahan-mudahan pertanian di Kalsel terus meningkat dan para petaninya semakin sejahtera," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018