Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar lomba Qira'atul Kutub membaca kitab kuning dan khutbah jum'at dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional.

"Perlombaan itu diikuti oleh santri-santri Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten HST," kata Ketua pelaksana H Edy Amin saat acara pembukaan di Aula Kantor Kemenag HST, Kamis (18/10).

Menurutnya jumlah peserta lomba membaca kitab kuning sebanyak 65 orang dari 9 Pondok Pesantren yang dibagi dalam 3 kategori yaitu ula, wustha dan 'ulya.

"Para pemenang nantinya akan mendapatkan tropy dan penghargaan yang diserahkan saat apel puncak peringatan hari santri yang berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2018 di Lapangan Dwi Warna Barabai," katanya.

Selain itu diterangkannya hari ini juga dilakukan pelepasan peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara  (PPSN) V di Jambi yaitu dari Ponpes Modern Darul Istiqamah Barabai mewakili Kontingen Kalsel karena sebelumnya menjadi juara di tingkat Provinsi.

Plt Bupati HST yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Pandiansyah menyampaikan peran Pondok Pesantren saat ini tidak hanya untuk menimba ilmu agama namun turut andil dalam menumbuh kembangkan bakat dan kepribadian para santri.

"Kami berharap melalui kegiatan ini selain silaturahmi juga dapat menguji kemampuan para santri dengan ilmu yang didapatnya selama memondok," katanya.

Kepada para santri yang berangkat ke Jambi Dia juga mendo'akan agar menjadi pemenang dengan berpesan selalu menjaga kebersamaan dan kejujuran serta sportif dalam mengikuti perlombaan.

Baca juga: KPU HST launching Gerakan Melindungi Hak Pilih
Baca juga: HST dapat jatah lahan seluas Empat Hektar di Jejangkit

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018