Barabai, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan launching Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang ditandai dengan pelepasan balon bersama-sama jajaran Bawaslu dan Muspida HST di Kelurahan Barabai Selatan, Rabu (17/10).

Acara tersebut juga dirangkai dengan kegiatan serentak cek data diri pemilih di kantor desa atau kelurahan dan deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 yang dilakukan oleh para pimpinan partai politik.

Ketua KPU HST Johransyah menyampaikan gerakan tersebut dilakukan untuk lebih memastikan dan menjamin hak pilih warga yang belum terdaftar dan penyempurnaan daftar pemilih tetap serta lauching serentak seluruh Indonesia dan di HST juga dibuka posko sebanyak di 169 Desa dan Kelurahan.

"Posko tersebut untuk melayani warga yang ingin mencek data diri mereka apakah sudah terdaftar di daftar pemilih atau belum dan bagi yang memiliki Hp Android bisa mendownload aplikasi KPU RI atau mengunjungi website lindungihakpilihmu.kpu.go.ig dengan memasukan nama dan NIK," katanya.

Menurutnya di aplikasi tersebut warga lebih proaktif bisa mengetahui apakah Dia sudah masuk dalam DPT serta di TPS mana akan memilih.

Plt Bupati HST menyambut positif kegiatan tersebut guna melindungi dan memastikan setiap pemilih yang ada di Kabupaten HST mendapatkan haknya pada Pemilu 2019.

"Kami juga berharap agar Pemilu 2019 di Kabupaten HST berlangsung secara aman, damai, jujur dan adil yang perlu didukung oleh semua kalangan baik masyarakat, TNI Polri, ASN maupun para penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu," katanya.

Jajaran Muspida HST beserta KPU dan Bawaslu (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018