Oleh Herlina Lasmianti
    Tanjung, 3/10 (Antara) -  Puluhan pekerja tambang batubara di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengikuti seminar ketenagakerjaan yang dilaksanakan Adaro Services PT Saptaindra Sejati.
    Manager Adaro Services PT SIS Abdul Rizak di Tanjung, Rabu mengatakan pihaknya ingin  menyosialisasikan fungsi serikat pekerja dalam upaya terciptanya harmonisasi dan hubungan  kondusif dalam organisasi perusahaan.
    "Pekerja harus memahami aturan perundang - undangan dan sadar kedudukannya masing - masing," jelas Rizak.
   Hal tersebut bisa mewujudkan hubungan yang harmonis dan kondusif dalam organisasi perusahaan.
    Peserta seminar sendiri pekerja tambang mitra PT SIS dan PT Adaro Indonesia dengan harapan bisa menambah wawasan terkait serikat pekerja dan hubungan industrial.     
    Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Syaiful Ikhwan mengatakan dalam  melaksanakan hubungan industrial yang baik tiap pekerja  diarahkan   memiliki sikap merasa ikut memiliki serta mengembangkan sikap memelihara kelangsungan usaha.
    "Pihak pengusaha juga harus  memperlakukan pekerja sebagai  manusia atas kemitraan  sesuai kodrat harkat dan martabat," jelas Syaiful.
    Salah satu pembicara dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalsel Brendy Pasaribu mengatakan serikat pekerja berperan sebagai wakil pekerja dan sarana penyalur aspirasi.
     Karena itu pengurus serikat pekerja wajib melindungi dan membela anggotanya dari pelanggaran hak serta memperjuangkan peningkatan kesejahteraan anggotanya.
       Nara sumber lainnya Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong Desmont Renhat, Kadisnaker Tabalong Syaiful Ikhwan dan manager humas PT SIS Ahmad Roni.***4***

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018