Banjarbaru, 29/9 (Antara) - Penerbangan pagi hari di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kembali normal dan bebas kabut, setelah sehari sebelumnya tujuh pesawat tertunda berangkat akibat kabut asap menyelimuti bandara setempat.?

Communication and Legal Section Head Bandar Udara Syamsudin Noor Aditya Putra Patria di Banjarbaru, Sabtu mengatakan, penerbangan pesawat menuju Bandara lainnya lancar sesuai jadwal keberangkatan.?

"Seluruh penerbangan lancar dan sesuai jadwal keberangkatan, tidak seperti sehari sebelumnya ada tujuh pesawat tertunda berangkat karena tebalnya kabut asap menyelimuti landasan pacu," ujarnya.?

Ia mengatakan jarak pandang di landasan pacu pukul 06.00 WITA mencapai 600 meter sehingga masih memenuhi syarat penerbangan dan pilot memutuskan pesawat bisa diberangkatkan.?

Ditekankan, keberangkatan setiap pesawat sepenuhnya merupakan kewenangan pilot termasuk apabila terjadi gangguan jarak pandang karena landasan pacu diselimuti kabut asap seperti Jumat kemarin.

"Pilot pesawat yang memutuskan terbang atau tidak dipandu petugas kontrol di menara. Jika memang jarak pandang terbatas tetapi masih memenuhi syarat maka pesawat bisa diberangkatkan," ungkapnya.?

Sebelumnya, tujuh penerbangan pagi hari yang diberangkatkan mulai pukul 06.00 WITA tertunda karena jarak pandang minim akibat kabut asap dengan durasi penundaan 1,5 jam hingga dua jam dari jadwal.?

Disebutkan Aditya, tujuh penerbangan yang terkena dampak kabut asap yakni Lion Air nomor penerbangan JT311 tujuan Surabaya yang seharusnya berangkat pukul 06.00 Wita.

Kemudian, pesawat Lion Air tujuan Jakarta yang dijadwalkan terbang pukul 06.05 Wita, pesawat Wings Air IW1394 tujuan Balikpapan yang seharusnya berangkat pukul 06.15 Wita.

Empat pesawat lain yakni Garuda GA531 tujuan Jakarta pukul 06.20 Wita, Lion Air JT521 ke Yogyakarta pukul 06.25 Wita, Wings Air ke Batulicin dan Garuda GA533 tujuan Jakarta pukul 07.25 Wita.

Tujuh penerbangan itu baru bisa diberangkatkan bergiliran mulai pukul 08.28 Wita yakni pesawat Lion Air JT 321 tujuan Jakarta dan terakhir Garuda GA533 ke Jakarta pukul 09.18 Wita.

Dikatakan, jarak pandang menyelimuti kawasan bandara yang terletak di Kota Banjarbaru, Jumat pagi sangat pendek dan tercatat hanya 10 meter pada pukul 06.30 WITA hingga 07.00 WITA.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018