Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepercayaan pemerintah  memilih Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Peringatan Hari Pangan edunia ke 38 tahun 2018 , direspon positif pemerintah daerah dan stake holder terkait setempat dengan semakin memantapkan persiapan.

Peringatan HPS 2018  akan digelar pada 18 s.d 21 Oktober 2018. Kegiatan akan dipusatkan di dua tempat, yaitu di Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel dan di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan daerahnya bersama segenap komponen masyarakat menyambut positif dan mengapresiasi tinggi atas kepercayaan pemerintah  menjadikan Kalsel sebagai tuan rumah HPS 2018.

Diutarakan gubernur, pihaknya terus memantapkan persiapan peringatan HPS 2018.

Semua bergerak terukur mensukseskan HPS. Pasalnya tujuan peringatan HPS ini sangat mulia yakni agar ketersediaan pangan daerah maupun  nasional  terutama jenis padi tetap stabil . Tujuan jangka panjang menjadi salah satu negara penghasil produksi padi terbesar.

Sementara itu informasi lainnya, Tema peringatan HPS 2018, terdiri dari dua tema, yaitu tema internasional: Our Action Are Our Future, A #ZeroHunge World by 2030 Is Possible.

Sementara untuk tema nasional adalah Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Lebak dan Pasang Surut Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dnuia 2045.

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Oktober, tanggal ketika Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, didirikan pada tahun 1945.

Hari Pangan Sedunia didirikan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 bulan November 1979. HPS ini telah diperingati setiap tahun di lebih dari 150 negara, termasuk Indonesia guna meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018