Pontianak, (Antaranews Kalsel) - Kehumasan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah lembaga atau perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi swasta (PTS).

Dalam menghadapi era digital  dan perang informasi di media online dan media sosial  maka perlu dilakukan peningkatan pengetahuan, membuka pola pikir dan memberikan informasi pengelolaan kehumasan khususnya publikasi pada media online/website dan media sosial kepada petugas humas PTS se Kalimantan

Oleh karena itu lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDIKTI) wilayah XI Kalimantan gelar workshop workshop kehumasan BTS bagi perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat. Acara ini diikuti oleh 96 peserta dari perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat. Pontianak 14/9/2018.

"Workshop ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapabilitas dari petugas humas PTS dalam pengelolaan kehumasan baik media sosial maupun media online atau website serta mempersiapkan petugas humas PTS dalam menhadapi era digital" Prof Idiannor Mahyudin

Acara yang digelar pada tanggal 14 September 2018 ini di narasumberi dua orang wartawan senior yaitu pimpinan redaksi Radar Banjar dan Kepala Biro Antara News Palangkaraya.

Pada materi pertama yang disampaikan oleh Pimred Radar Banjar,Toto Fachrudin, Iya menyampaikan pentingnya publikasi pada media sosial. Hal ini dikarenakan setiap orang sudah mengakses dan mempunyai media sosial, sehingga media sosial sangat potensial untuk menyebarkan informasi khususnya tentang perguruan tinggi swasta kepada masyarakat luas.
. (Antaranews Kalsel/Muhammad Adie Karya)
Kedua pentingnya branding dalam pengelolaan kehumasan pada perguruan tinggi swasta dengan menggunakan hashtag atau tagline dalam melakukan posting pada media sosial baik Facebook, Instagram atau Twitter.

Penggunaan Hastag atau tagline akan menjadikan branding pada perguruan tinggi anda. Lakukan secara masif pemberitaan pada media sosial baik itu kegiatan kampus maupun kegiatan mahasiswa apalagi hal yang terkait dengan prestasi kemahasiswaan.

Pada materi kedua yang disampaikan oleh Zainal Abidin yaitu pengelolaan kemasan pada media online atau website, Ia menyampaikan selalu evaluasi dan analisa berita yang diposting di website perguruan tinggi swasta misalnya dengan menggunakan Google analytics yang mencerminkan karakter pengunjung kita.

"Apa yang diakses dan berapa lama mereka mengakses website kita dalam pengelolaan website harus dilakukan secara terprogram dan gunakan judul yang menarik, akan terlihat dalam Google analytics," katanya .

Kombinasi antara foto dan video juga memberikan variasi terhadap website perguruan tinggi swasta dan apabila melakukan posting pada website harus ada share official media sosial.

Pada sesi ke-3 dilakukan sharing oleh Amik BSI Pontianak tentang bagaimana pengelolaan media sosial di Kampusnya. Amik BSI Pontianak adalah salah adalah PTS yang telah mendapatkan penghargaan pengelolaan kehumasan PTS terbaik pertama dari LLDIKTI XI periode semester 1 tahun 2018.

Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan/ Muhammad Adie Karya

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018