Jakarta, (Antaranews Kalsel)- Untuk mewujudkan pemerintahan good governance melalui peningkatan publikasi dan informasi teknologi setiap aparatur pemerintah, sebagai salah satu solusi untuk keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi online antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Demikian sambutan tertulis Sekjend Kemendagri RI Drs. Hadi Prabowo, MM yang diwakili dan dibuka langsung oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Dr. Suharjo Diantoro, M.Si dihadapan Penanggung Jawab Pengelolaan dan operator Vidcon se Indonesia.

“Rakoor Pengelolaan Vidcon dimaksudkan  untuk memfasilitasi program-program prioritas lingkup Kemendagri dengan menggunakan layanan video confrence sebagai media komunikasi pusat dan daerah khususnya koordinasi kementerian Dalam negeri dan Pemerintah Pusat” ujar Syafrudin Kabag Humas dan Protokol Setda Kab Tapin yang mengikuti Rakoor tersebut bersama Personal In Change M. Abduh Addauly, yang digelar pada tgl 28 sd 29 Agustus 2018 bertempat di Ruang Rapat Sasana Bhakti Praja Kemendagri RI .

Pilkada Serentak 27 Juni 2018 telah Sukses terlaksanan, salah satu laporan informasi  pelaksanaan layanan Video Conference (Vidcon) Pilkada Serentak tersebut ke Kementerian Dalam Negeri. Kemudian Pusdatin Kemendagri mengundang seluruh perwakilan Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota yang dulunya melaksanakan Pilkada serentak.

Ditambahkan Kabag Humas dan Protokol Tapin, bahwa kita di daerah yang tidak memanfaatkan teknologi dengan baik, maka akan tertinggal, dan untuk meningkatkan teknologi di daerah harus dimulai dengan kemauan pimpinan daerah dan kesiapan skill aparatur Pemerintah di daerah.

Untuk narasumber dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Subdit Keamanan Informasi Adjrun dan  PT. Aplikanusa Lintasarta Jakarta, Menurutnya kemajuan Revolusi Informasi Teknologi memacu daerah untuk harus siap menerima teknologi berbasis internet dengan mengaplikasikan semua pelayanan publik, seperti pemanfaatan layanan Vidcon serta persoalan teknis kedepannya.

Adjrun Narasumber Ditjend Dukcapil pusat bahwa  penting pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan yang baik dalam peningkatan pelayanan publik dengan integrasi sistem. Untuk pelaksanaan Pilkada serentak di daerah kemaren Ditjen Dukcapil terus memberikan dukungan pada KPUD yaitu saat pencoblosan KPUD seluruhnya diberi password untuk buka Aplikasi SIAK. Demikian pula untuk Pilpres dan Pilleg tahun 2019, diharapkan berjalan aman dan sukses.

PT. Aplikanusa Lintasarta selaku teknis konektivitas jaringan Vidcon didaerah memaparkan sebagai bahan evaluasi kendala hambatan peralatan Vidcon di daerah dapat disampaikan pada Lintasarta untuk ditindaklanjuti.

Pusdatin Kemendagri selaku penggagas Rakor Vidcon menginginkan maksud kegiatan tersebut sebagai evaluasi pemanfaatan layanan komunikasi daerah melalui layanan Video Coference (Vidcon) guna mendukung Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendagri. 

Pewarta: Humas Pemkab Tapin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018