Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli memberikan himbauan dalam surat edaran yang ditujukan untuk semua stakeholder dalam upaya mengantisipasi dan kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten HSS.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpo) HSS, Efran, di Kandangan, Kamis (2/8), mengatakan edaran ini untuk meningkatkan pengendalian karhutla, khususnya di Kabupaten HSS, ditujukan untuk badan, dinas, instansi terkait, lurah atau kepala desa, BUMN, BUMD, masyarakat bersama TNI dan Polri.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stadiun Banbarbaru untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), musim kemarau diperkirakan karhutla serta berpeluang terjadi bencana asap di beberapa kabupaten di provinsi Kalsel," katanya, saat memberikan keterangan melalui sambungan telepon.

Baca juga: Video - Rencana simulasi malah Dahnial Kifli pilih terjun langsung padamkan api

Dijelaskan dia, edaran tersebut berisi Pertama, himbauan untuk melakukan peningkatan pengendalian karhutla di seluruh wilayah Kabupaten HSS, melalui kegiatan pencegahan pemadaman karhutla, serta penanganan pasca kebakaran atau pemilihan lahan dan hutan.

Kedua, melakukan kerjasama dan berkoordinasi untuk melaksanakan pengendalian karhutla serta meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha untuk kegiatan pengendalian kebakaran karhutla.

Ketiga,  Pemerintah Kecamatan bresama dengan komponen terkait seperti, Polsek, Koramil, Kepala Desa atau Lurah, kelompok masyarakat, seluruh pemangku kepentingan lainnya, agar melakukan tindakan preventif dalam penangangan karhutla.

Keempat, mengutamakan kegiatan pencegahan karhutlam melalui kegiatan sosialisasi atau kampanye dengan menyebarluaskan informasi melalui spanduk, brosur dan lainnya.

"Kampanye ini hingga sampai tingkat kecamatan dan desa untuk lebih efektif dan tepat sasaran, mengintensifkan patroli pada wilayah yang rawan kebakaran," katanya.

Baca juga: Polres HSS Giatkan Sosialisasi Antisipasi Karhutla

Kelima, melakukan penegakan hukum, pencabutan ijin usaha kepada pelaku usaha yang tidak memenuhi kewajibannya, dan menghimbau masyarakat membuka lahan pertanian atau perkebunan   tanpa pembakaran sesuai dengan peratuan perundang-undangan.

Terakhir, melaporkan langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan karhutla kepada Pj Bupati HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018