Paringin, (Antaranews Kalsel) - Jalan dan jembatan Desa Murung Jambu, Kecamatan Paringin, akan segera diusulkan untuk dilakukan peningkatan dan perbaikan hingga ke Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan pada 2019 mendatang, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat.

Disampaikan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Novia Jusmita, Rabu (17/7) bahwa, jembatan penghubung Desa Murung Jambu hingga Kecamatan Lampihong, sudah rusak cukup parah.

Warga setempat terangnya, melakukan perbaikan jembatan dengan batang kelapa, batang kayu dan menambal lubang jembatan dengan tanah dan batu.

"Mereka melakukan perbaikan seadanya, karena sering terjadi kecelakaan, bahkan ada yang sampai jatuh ke sungai serta mengalami cedera patah anggota badan. Apalagi kalau jalan basah, tentu jembatan akan licin dan sangat berbahaya dilintasi. Sementara di areal tersebut padat aktivitas penduduk. Kita akan perbaiki secepatnya pada tahun 2019," paparnya.

Ia juga menambahkan, saat ini areal jalan Desa Tarangan mengalami amblasan tanah, jembatan sekitar Desa Kusambi Hilir seberang kondisinya memprihatinkan, serta jalan areal Desa Lokhamawang sudah sangat hancur jalannya.

"Itu semua satu jalur, yakni dari Kecamatan Paringin menuju Kecamatan Lampihong atau jalan ke Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dan rencananya akan digunakan untuk pemindahan jalur, dikarenakan jalan lintas kabupaten yang ada di Desa Jungkal, Kecamatan Lampihong mengalami longsor dan sedang dalam perbaikan," tuturnya.

Kita segera sampaikan ke pimpinan, sekaligus terkait bagaimana agar dana DAK Pusat dapat turun ke Balangan, sementara usulannya sudah disampaikan sebelumnya, namun masih menunggu keputusan dari pusat, pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018