Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 393 orang mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan waktu pelaksanaan kurang lebih satu bulan.

Dekan Fakultas Pertanian ULM H. Luthfi, di Kandangan, Rabu (11/7), mengatakan, peserta KKN berasal dari enam  bidang studi yakni, Agro Ekonomi Teknologi, Sosial Ekonomi, Agronomi, Peternakan, Proteksi Tanaman dan Tanah.

"Para mahasiswa ini akan ditempatkan di tujuh  kecamatan di Kabupaten HSS yakni, Kecamatan Simpur, Kalumpang, Sungai Raya, Kandangan, Angkinang, Padang Batung dan Telaga Langsat, dan untuk jumlah mahasiswa yang ditempatkan rata-rata delapan sampai dengan 10 orang di setiap desa yang ditunjuk," katanya, saat menyampaikan laporan.
 

Pj Bupati HSS H Dahnial Kifli (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pemkab HSS Sambut 108 Mahasiswa KKN Fisip ULM

Dijelaskan dia, pihak kampus ingin memberikan pengalaman kepada para mahasiswa, agar bisa meningkatkan kepekaannya terhadap lingkungan sekitar, serta ingin memberikan pengalaman kehidupan langsung kepada para mahasiswa supaya mereka memiliki kapasitas yang lebih baik, berkualitas, membumi dan peduli terhadap sesama.

Kegiatan KKN ini juga bisa disebut mentransfer pengetahuan, karena para mahasiswa sudah memiliki bekal pengetahuan yang bisa dibagikan kepada masyarakat desa, makan dengan KKN ini diharapkan nantinya ada kegiatan yang saling menguntungkan, baik bagi fakultas dan universitas maupun bagi masyarakat desa.

Penjabat  Bupati HSS  H Dahnial Kifli, mengatakan  kegiatan KKN ini akan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat pedesaan, khususnya para mahasiswa diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat petani di HSS. sehingga masyarakat di desa yang ditempati bisa menjadi lebih maju, khususnya dalam tekhnologi pertanian.
 

Foto bersama (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Silaturrahmi Bupati HSS dengan Mahasiswa KKN UGM

"Saya  berpesan agar mahasiswa dan mahasiswi semua bisa menyesuaikan diri dengan adat istiadat masyarakat desa yang di tempati, sehingga mampu membaur dengan baik bersama masyarakat yang ada," katanya, saat memberikan sambutan bertempat di Pendopo Kabupaten, Kandangan.

Turut hadir, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji S, para dosen Fakultas Pertanian ULM, para kepala OPD di lingkungan Pemkab HSS, para camat dan kepala desa yang tempat pelaksanaan KKN.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018