Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) mekanis berupa cultivator kepada petani cabai untuk meningkatkan produktsi abai kabupaten itu.?

Bantuan alsintan dari pemerintah itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banjar Khalilurrahman kepada perwakilan penyuluh pertanian usai apel gabungan di halaman Kantor Bupati di Martapura, Senin.

"Kami berharap bantuan alsintan ini memudahkan petani cabai dalam mengolah tanah sebagai persiapan sebelum melakukan penanaman bibit cabai sehingga produksi cabai bisa lebih meningkat, " ujarnya.?

Ia mengatakan, bantuan alsintan itu sebagai bentuk perhatian Pemkab Banjar terhadap petani sehingga mereka semakin bersemangat dalam mengurusi lahan untuk persiapan penanaman bibit cabai.

Cultivator atau alat penyiang mekanis berfungsi sebagai salah satu alat dan mesin pertanian yang digunakan untuk pengolahan tanah sekunder sehingga bisa lebih subur sebelum ditanami.?

"Petani menjadi lebih mudah mengolah tanah sebelum ditanami bibit cabai dan mereka semakin bersemangat menanam cabai di lahan pertanian miliknya maupun milik orang lain, " ungkapnya.?

Menurut dia, cultivator bantuan pemerintah yang diserahkan kepada petani merupakan tahap awal dan diserahkan kepada perwakilan petani dari enam kecamatan yang tersebar di kabupaten setempat.?

"Saat ini alsintan yang diserahkan baru kepada perwakilan petani pada enam kecamatan dan nantinya akan diberikan lagi kepada petani lain yang membutuhkan peralatan untuk mendukung kinerjanya, " ucap dia.?

Dikatakannya, selain membantu petani, Pemkab Banjar juga sudah memberikan kemudahan bagi para penyuluh pertanian dalam bentuk peminjaman sepeda motor dinas untuk mendukung tugasnya.?

"Bantuan sepeda motor dinas bagi penyuluh pertanian untuk memberi kemudahan mereka saat berada di lapangan sehingga bisa mendatangi petani di berbagai wilayah yang jadi wilayah kerjanya," ucap dia.?

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Ranuwaty Rosayulinda mengatakan, motor dinas untuk menunjang kinerja penyuluh pertanian yang banyak dan tersebar di kabupaten itu.

"Bantuannya terbatas hanya empat unit sehingga diserahkan terutama untuk Kepala BPP dan penyuluh yang aktif di lapangan yaitu Kecamatan Karang Intan dan Kecamatan Gambut," katanya. (KR-YRZ).
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018