Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, melalui Dinas Kesehatan setempat mengembangkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi warga usia lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, drg Hj Diah R Praswati kepada wartawan di Banjarmasin, Senin menuturkan jujmlah Posyandu Lansia pada tahun 2012 ini sudah tercatat 68 buah, dan itu akan ditambah lagi sebanyak empat buah.

Ia menyebutkan perlu pengembangan jumlah Posyandu tersebut menyusul kian banyaknya warga Banjarmasin yang berusia lanjut setelah kian membaiknya kesehatan masyarakat.

Bahkan jumlah lansia belakangan ini hampir sebanding dengan jumlah Balita sehingga diperlukan pula penambahan Posyandu, tambahnya.

Disebutkannya jumlah Lansia laki-laki di Kota Banjarmasin berdasarkan data terakhir tercatat 26.717 orang, sementara jumlah Lansia perempuan sebanyak 26.713 orang.

Mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan di Posyandu Lansia disebutkan oleh Hj Diah R Praswati antara lain pemeriksaan kesehatan, pemeriksanaan laboratorium, penyuluhan dan senam Lansia.

Pada saat ini terdapat dua Puskesmas santun Lansia, yaitu Puskesmas Cempaka dan Puskesmas Teluk Dalam, dan akan ditambah lagi jumlah Puskesmas santun Lansia tersebut yaitu Puskesmas Kuin Raya dan Puskesmas Terminal.

Puskesmas santun Lansia tersebut, diharapkan memudahkan pelayanan bagi Lansia dengan cara menyediakan loket tersendiri, adanya akses jalan yang dilengkapi dengan pegangan tangan, adanya kursi roda, serta adanya taman refleksi, toilet duduk dan fasilitas khusus bagilansia laiinya.

"Kita menyadari bahwa populasi penduduk lanjut usia semakin meningkat belakangan ini, yang memberi makna kian meningkatnya kesehatan masyarakat,"demikian Hj Diah R Praswati.C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012