Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota gabungan Satuan Reserse Narkoba Polresta Banjarmasin dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarmasin melakukan tes urine terhadap para sopir di terminal dan Anak Buah Kapal (ABK) di pelabuhan.

"Gelaran tes urine secara dadakan ini untuk mendukung arus mudik Lebaran agar para sopir dan ABK terbebas dari penyalahgunaan Narkoba," terang Kasat Resnarkoba Polresta Banjarmasin Kompol Herry Purwanto di Banjarmasin, Jumat.
(antarakalsel/foto/firman)

Dikatakannya, untuk Terminal Induk Km 6 Banjarmasin, pemeriksaan urine (air seni) dilakukan terhadap para sopir angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan angkutab Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Pemeriksaan tes urine dilakukan terhadap 60 orang sopir dengan hasil semua negatif mengonsumsi Narkoba," jelas Herry.

Kemudian untuk tes urine di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, disasar para sopir dan ABK Kapal Roro Amarisa yang akan berangkat menuju Surabaya.

"Sebanyak 100 orang terdiri dari ABK KM Amarisa sebanyak 77 orang dan dari sopir Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sebanyak 23 orang, yang mana hasil keseluruhan pemeriksaan negatif menggunakan Narkoba," tambahnya.
(antarakalsel/foto/firman)

Herry mengungkapkan, kegiatan tersebut guna menjaga keselamatan transportasi air yang membawa penumpang arus mudik dalam rangka Operasi Ketupat Intan 2018.

Untuk pemeriksaan urine yang dipimpin Kasat Resnarkoba Polresta Banjarmasin Kompol Herry Purwanto itu juga turut dihadiri Plt Kepala BNN Kota Banjarmasin Kompol Yusuf, Urkes Polresta Banjarmasin Dr Syakinah serta didampingi oleh pihak KSOP Kabid Keselamatan Berlayar Abdi Sabda dan Kanit Reskrim Polsek KPL Polresta Banjarmasin Iptu Agus Adi Apriyoga.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018