Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memastikan harga kebutuhan pokok di beberapa pasar di Barabai relatif stabil dan tidak ada kenaikan menjelang lebaran hingga hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan HST H M Yuserani, Rabu (6/6) di Barabai menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir karena persediaan sembako tetap aman dan harganya juga masih stabil.

"Memang ada beberapa komoditas yang harganya masih tinggi seperti telor ayam ras yang sekarang harganya Rp25 Ribu per kilogram sedangkan sebelum bulan Ramadan cuma Rp23 Ribu," katanya

Menurutnya karena mungkin telor menjadi kebutuhan para pedagang untuk membuat kue menu berbuka jadi permintaan menjadi tinggi.

Harga bawang merah masih tetap Rp38 Ribu per kilo gram di tingkat eceran dan Rp35 Ribu di tingkat grosir, sedangkan gula pasir Rp12 Ribu per kilonya.

Minyak goreng curah kisaran harganya Rp11 Ribu per liter, tepung terigu Rp7.500 per kilo gram dan daging sapi juga tetap Rp120 Ribu per kilo gram, sedangkan daging ayam ras sebelum Ramadan Rp27 ribu dan sekarang memang ada kenaikan menjadi Rp45 Ribu.

"Walaupun ada beberapa barang yang naik namun secara umum masih stabilnya karena pasokannya lancar, sehingga persediaan di pasaran mencukupi dan belum terjadi lonjakan harga," kata Yuserani.

Plt Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan Ir Hj Sunar Wiwarni juga menambahkan untuk harga gabah unggul jenis ciherang Rp4.400 per kilo gram dan beras premium jenis unus mayang Rp13 ribu per kilo gram.

"Beras medium Rp9.000 per kilo gram dan yang termurah yaitu beras ciherang cuma Rp7.000 per kilo gram," katanya.

Sedangkan untuk ikan laut per kilonya seperti bandeng Rp26 ribu, peda/kembung Rp36 Ribu dan tongkol Rp26 Ribu. Untuk ikan air tawan seperti nila Rp36 ribu, ikan mas Rp34 ribu, gabus sedang Rp45 ribu, gabus besar Rp50 ribu, toman Rp35 ribu, patin Rp20 ribu dan ikan betok atau pepuyu besar Rp80 ribu.

Pedagang sembako di pasar Keramat Barabai, Sari menyampaikan saat ini yang paling laku dan dibeli oleh warga tingkat ekomoni ke atas adalah paket lebaran yang isinya seperti gula, minyak dan kue kering.

"Untuk harga kebutuhan pokok masih sama saja dengan minggu lalu tidak ada kenaikan  namun memang lonjakan warga yang datang ke pasar sudah lebih banyak," imbuhnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018