Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perdagangan bersama dengan Tim PKK Kalimantan Selatan mengunjungi berbagai daerah untuk menyelenggarakan pasar murah Ramadhan guna menekan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Raudatul Jannah Sahbirin Noor di Pelaihari Kamis mengatakan, di pasar murah ini, pihaknya menjual berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang jauh lebih murah dibanding di pasaran.

Kesempatan untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok yang lebih murah ini, disambut antusias masyarakat Desa Martadah Baru dan sekitarnya.

Rencananya, pasar murah akan digelar di 50 titik di seluruh wilayah Kalsel, secara bergantian bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

Melalui pasar murah ini, diharapkan akan membantu masyarakat, terutama menengah ke bawah, untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Selain itu, pasar murah, juga sebagai upaya untuk menekan laju kenaikan harga kebutuhan pokok, yang biasanya selalu terjadi pada Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri.
 
. (Antaranews Kalsel/Humpro kalsel)

Selain menggelar pasar murah, pada kesempatan tersebut, tim PKK juga menggelar bakti sosial berupa sunatan massal gratis.

Sebanyak 100 anak yang berasal dari 10 desa di Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, mengikuti sunatan massal yang diselenggarakan TP PKK Prov Kalsel berkerja sama dengan TP PKK Kabupaten Tanah Laut.

Bertempat di Desa Martadah Baru, kegiatan sunatan massal disambut antusias warga desa yang tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut untuk anak-anak di desa mereka.

"Kegiatan ini, kami peruntukkan bagi warga kurang mampu, sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah daerah khususnya PKK Kalsel, terhadap masyarakat," katanya.

Kegiatan sosial ini juga dibantu berbagai pihak terutama SKPD Provinsi maupun Kabupaten Tanah Laut.

"Saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat pula diteruskan oleh pihak ketiga atau para pengusaha yang mau berbagai rezeki untuk masyarakat desa," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Raudhatul menyempatkan berkunjung ke kantor PKK Desa Murtadah Baru. PKK Desa Murtadah Baru yang merupakan juara pertama tingkat Provinsi Tahun 2017 dalam kriteria tertib administrasi.

Saat ini oleh TP PKK Provinsi Kalsel, dipersiapkan untuk mengikuti lomba tingkat Nasional agar dapat bersaing dengan Provinsi lainnya di Indonesia.
 
. (Antaranews Kalsel/Humpro kalsel)

Dia berharap, PKK Desa Martadah Baru dapat mengembangkan "Hatinya" PKK, yakni dengan memanfaatkan lahan pekarangan luas yang ada di depan dan samping kantor.

Pemanfaatan pekarangan ini dapat menjadi sumber ketahanan ekonomi keluarga, meningkatakan pendapatan serta mencegah stunting (gizi buruk) yang masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama, ungkapnya.
 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018