Rantau, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tapin bersama Penjabat (Pj) Bupati Tapin Gusti Syahyar awali safari Ramadhan ke Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Rantau, Kamis (17/5).
Di momen berbuka puasa bersama para penghuni Rutan kelas IIB Rantau, Pj Bupati mengingatkan agar seluruh Narapidana bisa mengikuti segala kegiatan positif selama tinggal di Rutan.

"Apapun kegiatan atau keterampilan, diharapkan bisa diikuti dengan serius, oleh warga binaan," katanya.

Karena menurutnya, kegiatan positif seperti membaca Al Quran dan maupun keterampilan lainnya yang ada di Rutan, dapat menjadi bekal apabila kembali ketengah-tengah masyarakat di luar sana.

"Segela bentuk kegiatan itu, bisa menjadikan kita lebih baik lagi dan yang terpenting nantinya tidak melakukan kesalahan yang sama," ujarnya.

Ia juga mengingatkan, di momen bulan penuh dengan ampunan ini bisa menjadi momen instropeksi diri agar tidak kembali mengulang kesalahan yang pernah di lakukan.

"Tentu kita berharap setelah keluar dan kembali di tengah-tengah masyarakat kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan mandiri," kata Pj lagi.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Rantau Batara Hutasoit mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, MUI Tapin dan kementerian agama Kabupaten Tapin, yang sudah memberikan bimbingan kepada warga binaan.

"Baik itu dukungan moral maupun dana, untuk para narapidana di sini," katanya.

Pada buka puasa bersama ini, dalam rangka safari Ramadhan Pj Bupati Tapin, juga dirangkai dengab berbagai acara, seperti pembukaan ta'mir Ramadhan warga binaan di Pesantren Al Hidayah Rutan Rantau.

Selain itu, penuntutan pembacaan syahadat kepada tiga warga binaan yang menjadi mualaf, dan juga penyerahan penghargaan kepada Rutan Rantau oleh MUI Tapin.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018