Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perdagangan HSS menggelar pembukaan Pasar Ramadhan 1439 Hijriah yang di berlokasi di Pasar Los Batu Kandangan, Kamis (17/5) sore.

Kepala Dinas Perdagangan HSS HM Sufiani di Kandangan, Kamis, mengatakan untuk tahun 2018, di Kabupaten HSS Pasar Ramadhan terdapat di tiga wilayah, yaitu Pasar Kandangan, Pasar Angkinang dan Pasar Nagara

"Pasar Kandangan terdiri dari 100 pedagang dengan banyak tenda 50 buah, Pasar Angkinang difasilitasi dengan tenda 24 buah, sedangkan di Pasar Negara difasilitasi dengan 18 buah tenda," katanya.
 

Pembukaan Pasar Ramadhan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kadis Perdagangan HSS Imbau Pedagang Tidak Naikkan Harga

Dijelaskan dia, karena adanya keterbatasan untuk peresmian pembukaan Pasar Ramadhan yang ada di wilayah HSS, hanya dipusatkan di Kawasan Pasar Los Batu Kandangan.

Adapun, untuk para pedagang yang berjualan di Pasar Ramadan Kandangan setiap harinya akan membayar retribusi Rp7.500, dengan rincian Rp6 ribu bayar stand dan Rp1.500 lagi untuk bayar kebersihan.

Sedangkan di Negara, Kecamatan Daha dan Kecamatan Angkinang retribusinya berkisar antara Rp2 ribu sampai Rp3 ribu perhari, karena tidak semuanya difasilitasi Pemkab HSS melalui Dinas Perdagangan HSS.

Stand disiapkan di Pasar Ramadhan di kawasan Pasar Los Batu Kandangan mulai dari tenda dan meja, dan satu stand ukurannya dibuat sekitar 1,5 meter x 1,5 meter.

Pembukaan Pasar Ramadhan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Video - Harga bahan pokok terpantau relatif stabil di HSS

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSS, H Ardiansyah, mengatakan terimakasih kepada kepala Dinas Perdagangan, yang sudah memfasilitasi kegiatan pasar ramadhan, serta para pendukung atau sponsor atas keikutsertaan terselenggaranya pasar Ramadhan.

"Kami berharap apa yang dijual oleh para pedagang di pasar Ramadhan bisa laku dibeli oleh masyarakat yang ada di HSS, dan  untuk membantu warga dalam mencari menu berbuka puasa dengan ragam kuliner yang disajikan,"katanya.

Pembukaan pasar Ramadhan ditandai dengan pengguntingan untaian melati oleh Plt  Ketua  Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteran Keluarga (PKK) HSS, Hj. Zaitun Ardiansyah.
 

Pembukaan Pasar Ramadhan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Operasi pasar HSS sasar warga kurang mampu

Turut hadir, Ketua DPRD  HSS H Ahmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, Kepala Kantor Kementrian Agama HSS  H.M Saribuddin, para pimpinan BUMN/BUMD, dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018