Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan peninjauan harga sembako di Pasar Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSS, dan harga pokok terpantau masih relatif stabil.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSS, H Ardiansyah, di Kandangan, mengatakan agar para pedagang tidak menumpuk barang dan menaikkan harga terlalu tinggi menjelang bulan suci Ramadhan.

"Ada sejumlah bahan sembako yang mengalami kenaikkan namun juga ada yang mengalami penurunan, hal ini terjadi karena ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kenaikan barang, faktor utama terkait dengan pendistribusian barang dan pengaruh cuaca,"katanya, di sela peninjauan berkeliling di pasar Kandangan, Senin (14/5).

Dijelaskan dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS khususnya melalui TPID, akan terus memantau kelancaran distribusi barang agar tetap lancar, sehingga kenaikan akan tetap terkendali.

Dan memastikan kedepannya, agar distribusi barang agar dapat berjalan dengan lancar terutama sembako dan harga tetap stabil, dicontohkannya harga bawang dan beras relatif turun, namun harga ayam potong mengalami kenaikan 
 

Peninjauan Harga Bahan Pokok (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Operasi Pasar HSS Atasi Kelangkaan LPG 3 Kilogram

Dandim 1003 Kandangan, Letkol Infanteri Suhardi Aji S, mengatakan pihaknya mendukung peninjauan harga bahan pokok dalam menciptakan suasana nyaman dan tenang memasuki bulan suci Ramadhan, jangan ada pihak yang mengambil kesempatan dengan menaikan harga terlalu tinggi.

"Kami menginstruksikan kepada jajaran Kodim 1003 Kandangan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, apabila terjadi pelanggaran seperti penimbunan sembako, termasuk upaya untuk melakukan tindakan tegas,"katanya.

Ia menghimbau, agar para pedagang juga bisa mendukung ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok dengan tidak menaikan harga secara sepihak, sehingga memasuki bulan suci Ramadhan konsumen dapat terlayani dengan baik dan bahan bahan baku tersedia cukup.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, M Sufiani, mengatakan harga sembako di pasar Kandangan masih dalam kategori stabil, dan peninjauan dilakukan untuk harga sembako dan upaya menstabilkan harga.

Baca juga: Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan Stabil

"Harga bahan pokok yang mengalami kenaikan tidak terlalu signifikan, dan dalam wajar, tapi kami akan akan tetap melakukan pengawasan untuk tetap memantau harga sembako untuk memastikan ketersedian bahan pokok dengan harga yang tetap stabil,"katanya.
 
Peninjauan Harga Bahan Pokok (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Turut hadir dalam peninjauan, Sekda HSS Ideham, Asisten administrasi pembangunan dan kemasyarakatan, H. Hubriansyah, Kadis Perikanan HSS, H. Saidinoor, Kadis Ketahanan Pangan HSS Ruhaimi Alman, serta perwakilan SKPD terkait.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018