Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berhasil memecahkan rekor nasi kabuli (kebuli) terbanyak yakni 7.019 bungkus sekaligus meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Minggu, mengatakan, pihaknya gembira karena Kota Banjarbaru berhasil meraih rekor MURI atas pembuatan nasi kabuli terbanyak itu.

"Kami senang dan gembira karena Banjarbaru bisa meraih rekor MURI. Ini semua menunjukan Banjarbaru memiliki kekhasan di bidang kuliner yakni nasi kabuli," ujarnya.

Pemecahan rekor MURI di Lapangan Murjani Banjarbaru itu merupakan bagian dari kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjarbaru ke-19 dan diperingati setiap tanggal 20 April.

Menurut wali kota, pihaknya memang sudah sejak awal menjabat menginginkan Banjarbaru memiliki kekhasan di bidang kuliner sehingga mengundang orang agar datang ke kota itu.

"Kami ingin orang yang datang ke Kalsel lalu mencari makanan yang khas yakni nasi kabuli dan di Kota Banjarbaru mereka bisa menikmatinya sehingga datang kesini," ucapnya.

Ia mengatakan, nasi kabuli yang akan dijadikan makanan khas Kota Banjarbaru terdiri dari nasi putih gurih dimasak pakai air santan kemudian dibungkus memakai daun pisang sehingga aromanya harum.

Nasi dalam bungkus daun pisang itu dilengkapi lauk pauk berupa irisan telur dadar maupun ditambah lauk lain seperti telur rebus dan ayam goreng sehingga semakin nikmat disantap.

"Nasi kabuli sebagai ciri khas Kota Banjarbaru kami hadirkan dalam setiap kesempatan menyambut tamu-tamu dari luar daerah, termasuk acara resmi kami minta ada nasi kabuli," ungkapnya.

Perwakilan MURI Yusuf Nadri menilai, Banjarbaru layak menjadi kota berinovasi dan salah satunya melalui inovasi nasi kabuli yang dijadikan makanan khas kota berjuluk idaman itu.

"Pemecahan rekor nasi kabuli yang terbanyak merupakan suatu inovasi dan kami mengapresiasi, apalagi langkah wali kota mengembangkan kuliner didukung masyarakat," katanya.

Pemecahan rekor MURI dihadiri Wakil Wali Kota Darmawan Jaya S, Ketua DPRD AR Iwansyah, Dandim 1006/Mtp Letkol

Inf M Ghoffar Ngismangil dan ribuan masyarakat di kota itu.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018