Paringin, (Antaranews Kalsel) - Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Balangan, sesuai data pada tahun 2017, berada pada posisi terendah dari 13 Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Selatan.

Disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, yang tidak kalah menggembirakan, angka kemiskinan kita di bawah 6 %, atau tepatnya 5,67 % pada tahun 2016, hal ini tentu dipengaruhi pula oleh pengurangan tingkat pengangguran terbuka di Balangan.

Disebutkan H Ansharuddin, untuk tahun 2017, tingkat pengangguran terbuka yakni 1,9 persen

"Hal tersebut tidak lepas dari upaya dan usaha pemerintah beserta instansi yang melibatkan mayoritas masyarakat yang terus ingin maju dan berkembang dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan," ungkapnya.

Di bidang ekonomi kerakyatan, beberapa capaian membanggakan kita raih pada sektor pertanian. Untuk komoditas padi, jagung dan kedelai sebagai pendukung utama ketahanan pangan daerah maupun nasional, pada tahun 2017 semua produksinya berhasil melampaui target.

Di sisi  lain, sektor yang melibatkan mayoritas warga kita, yaitu perkebunan karet. Target produksi getah karet kita pada tahun 2017 adalah sebesar 25.589 ton, dan terealisasi sebesar 26.466 ton atau 103,43%.

Pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kita saling berpadu langkah. 

Baca juga: Balangan Miliki Potensi Ekonomi Cukup Besar

Balai latihan kerja menggenjot intensitas pelatihan kerja maupun materi jenis keterampilannya. Panti sosial bina remaja dan bina wanita juga menghasilkan tenaga-tenaga terampil maupun wirausahawan baru. Semuanya berasal dari keluarga pra-sejahtera, dan kini menjadi wirausahawan muda Balangan.

Pelayanan dalam segala bidang juga terus kami upayakan peningkatan kualitasnya. Hak-hak warga terus kami perjuangkan. 

"Kami sampaikan salah satunya saja, yaitu aspirasi dari para warga ex-transmigrasi di Desa Papuyuan dan Desa Matang Hanau Kecamatan Lampihong, mengenai hak tanahnya, kami fasilitasi dan ajukan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan Alhamdulillah, telah dapat diselesaikan sertifikatnya," paparnya. 

Selama 2017, total ada sebanyak 5.114 bidang tanah di wilayah Balangan telah diselesaikan pembuatan sertifikatnya oleh BPN dan tepat pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Balangan ke 15 pada Minggu 8 April 2018 telah diserahkan secara simbolis oleh kepala BPN kepada masyarakat pemilik tanah.

Baca juga: UMKM Di Balangan Serap 1.967 Tenaga Kerja

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018