Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika HSS melakukan pemasangan fasilitas wireless fidelity (WiFi) gratis di sejumlah wilayah di HSS terus ditingkatkan jumlahnya.

Kepala Dinas Kominfo HSS, Hendro Martono, di Kandangan,  mengatakan sampai saat ini sudah ada 19 titik lokasi WiFi gratis yang tersebar di wilayah HSS dan penyediaan WiFi gratis itu memang diperuntukan bagi masyarakat umum.

"Pembangunan fasilitas WiFi gratis yang ditunjang dengan gazebo lengkap dengan kursinya ini merupakan program yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bupati 2013-2018,"katanya.

Baca juga: Antisipasi Berita Hoax Saring Sebelum Sharing

Dijelaskan dia, ditargetkan selama lima tahun ada sebanyak 24 titik WiFi gratis di HSS, dan tempatnya tersebar di 11 Kecamatan yang ada di HSS.

Adapun pembangunan terbaru pada 2017 ada enam titik, yakni di Kecamatan Sungai Raya, Majelis Taklim Desa Kapuh, Puskesmas Keliring, Halaman Kominfo HSS, Kecamatan Angkinang dan RS Sejahtera.

Untuk 2018 ini akan kembali dibangun enam fasilitas WiFi gratis, dan walau tersisa lima titik dari target RPJMD sementara untuk tempatnya akan disesuaikan dengan usulan baik dari desa dan kecamatan.

Menurut dia, WiFi gratis bisa diakses dari pukul 07.00 Wita  hingga 21.30  Wita,  namun pada pukul 18.00-20.00 Wita layanan WIFi dihentikan karena menyesuaikan dengan himbauan Bupati HSS  tentang jam belajar dan mengaji bagi para pelajar usai salat Magrib hingga salat Isya

Baca juga: Pemerintah HSS Kembangkan Informasi Desa

Warga Kandangan, Ari, mengatakan adanya fasilitas WiFi gratis sangat membantu, khususnya saat paket data sedang habis dan memerlukan koneksi internet tanpa biaya.

"WiFi gratis itu untuk menunjang pendidikannya untuk mencari bahan bacaan, menyelesaikan makalah dan tugas lainnya serta makin menambah pengetahuan, dan semoga WIFI makin dapat dinikmati warga hingga ke pelosok di HSS,"katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018