Barabai, (Antaranews Kalsel) - Plt Bupati Hulu Sungai Tengah H A Chairansyah mengimbau agar Pembakal dan perangkat desa harus mengenali dan menggali potensi yang dimiliki oleh desanya masing-masing.

Hal tersebut disampaikannya saat pelantikan perangkat desa se Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) di Halaman Kantor Camat BAT Kamis (5/4) yang juga dihadiri jajaran Muspika dan BPD masing-masing desa.

Baca juga: Begini Kronologis Penemuan Bayi Yang Menggegerkan Warga Limpasu

Menurutnya sekarang Dana Desa (DD) sebagiannya harus digunakan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Tujuannya adalah agar desa mandiri dan mempunyai pendapatan asli desa sendiri tanpa selalu berharap pada Dana Desa," katanya.

Baca juga: Plt Bupati HST Dukung Percepatan Eleminasi TBC

Dia berharap seluruh desa di KAbupaten HST tahun 2018 ini sudah semuanya mempunyai BUMDes karena desa di Kabupaten lain di Kalsel sudah hampir 90 persen mempunyai BUMDes yang maju.

Dijelaskannya BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa jika dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir.

Baca juga: Pemkab HST Bantu PNS dan Honorer Miliki Rumah

Peran dari hulu misalnya, BUMDes bisa berperan untuk membantu menyalurkan berbagai subsidi pemerintah, mulai dari subsidi pupuk, benih dan lainnya.

Sedangkan di sektor hilir, BUMDes bisa jadi pengumpul hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat desa.

Baca juga: BPJS MoU Dengan Kejaksaan Tangani Masalah Hukum

Bahkan, BUMDes juga bisa bermitra dengan perbankan untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang kini dikelola oleh perbankan pemerintah dan sebagian perbankan swasta.

BUMDes, juga bisa berperan sebagai pengelola keuangan inklusif seperti usaha simpan pinjam yang bila dikelola dengan baik, bisa meningkatkan pendapatan yang cukup baik, BUMDes bisa menjadi sarana pembayaran air, listrik dan gas.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018