Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Hulu Sungai Tengah menggandeng develover perumahan, perbankan dalam rangka menyukseskan program Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia untuk membantu pegawai di lingkungan pemda setempat agar memiliki tempat tinggal.

Kegiatan sosialisasi program rumah murah bagi pegawai di lingkungan Pemkab HST tersebut dilaksanakan di Auditorium Pemkab HST Senin (2/4) dan dipandu langsung oleh Plt Bupati HST H A Chairansyah didampingi Sekda HST H Akhmad Tamzil serta dari pihak Developer dan Perbankan.

Pihak pengembang atau developer selaku penyedia perumahan Retno, dalam penjelasannya secara teknis mengatakan bahwa program rumah murah ini merupakan turut serta menyukseskan program pemerintah dalam mensejahterakan pegawai dalam hal penyediaan hunian atau rumah.

"Pegawai yang dimaksud bukan hanya pegawai negeri (ASN) baik itu golongan I, II, III dan IV melainkan juga pegawai honorer, PTT dan kontrak ataupun lainnya," katanya.

Sementara tujuan positif dari dilaksanakannya program ini menurutnya adalah tetap terjalinnya silaturahmi bagi pegawai di lingkungan Pemkab HST meskipun sudah pensiun dan yang jelas banyak kemudahan dan keringanan yang didapat dari pelaksanaan program ini.

Misalnya kredit yang murah sekitar Rp600 ribuan per bulan tanpa biaya pendaftaran, tanpa biaya akad, dan bunga kredit yang flat atau tetap, karena semua sudah dapat bantuan subsidi dari Pemerintah.

Lokasi wilayah komplek perumahan itu berada di Desa Awang Besar dan masih berada di wilayah kecamatan Barabai atau sekitar kurang lebih 4 kilo meter dari pusat kota dan masih terjangkau oleh akses jalan besar dan angkutan.

Retno menambahkan rencana nama komplek perumahan itu adalah "Pemda Residence Barabai" karena khusus untuk para pegawai Pemda HST.

Sementara itu Plt Bupati H A Chairansyah berharap seluruh kepala SOPD di lingkungan Pemkab HST dapat menyambut baik program itu dan segera disampaikan kepada bawahan atau staf dan anak buah di tempat kerja masing-masing agar program ini sukses dan berhasil.

"Pada intinya kita menyambut baik program ini agar pegawai di HST baik stasusnya PNS maupun PTT, honorer atau kontrak dapat memiliki hunian atau rumah yang layak dan ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah dalam mensejahterakan pegawainya," katanya.

Sekda HST H Akhmad Tamzil pada kesempatan itu memberikan tenggat waktu seminggu agar program itu segera secara resmi dengan surat yang disosialisasikan ke seluruh pegawai dan koordinator pendaftaran akan diserahkan kepada Bagian Ekonomi Setda HST.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018