Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Koperasi Pegawai Negeri Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara mengalami penurunan pendapat di berbagai bidang usaha kecuali pada jenis usaha foto copy dan jualan pulsa.

Ketua Pengurus Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H.Muhammad Mahli di Amuntai, Selasa mengatakan, rata-rata usaha Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kemenag HSU seperti simpan pinjam, sandang, jasa dan lainnya mengalami penurunan.

"Usaha kita yang melebihi target keuntungan hanya pada usaha fotocopy dan jual pulsa," ujar Mahli.

Mahli mengatakan, beberapa target koperasi tidak berhasil direalisasikan seperti pendapatan unit simpan pinjam yang di target Rp480.960.000 terealisasi Rp316.600.700.

Penjualan barang/pangan yang ditarget Rp9.000.000 hanya terealisasi Rp5.500.000, demikian pula pendapatan provisi yang direncanakan semula bisa mencapai Rp20.400.000 hanya bisa menghasilkan Rp16.225.000 pendapatan jasa dan lainnya yang tidak ditarget mencapai Rp7.800.000.

"Hanya unit usaha foto copy termasuk jualan pulsa di koperasi yang hasilnya melebihi target yakni dari rencana keuntungan Rp3.000.000 menjadi Rp3.200.000.," terangnya.

Mahli mengatakan Sisa Hasil Usaha (SHU) di 2017 juga mengalami penurunan karena pihak KPN Kemenag tengah berupaya melunasi sisa hutang koperasi kepada pihak bank.

"Alhamdulillah tidak ada lagi hutang koperasi kepada pihak bank, demikian pula pinjaman semua anggota sudah lunas kepada koperasi," terang Mahli.

Ia mengatakan SHU di 2017 sebesar Rp224.430.576. menurun jika dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp229.383.186.

Akibat kondisi koperasi Kemenag agak menurun hingga beberapa tahun terakhir Koperasi Kemenag Kabupaten HSU tidak bisa menggelar pasar murah setiap Ramadan.

Ia melaporkan anggota KPN Kemenag yang aktif berjumlah 921 orang dengan dana terkumpul dari anggota mencapai sekitar Rp2,1 Miliar.

Untuk program di 2018, KPN Kemenag menawarkan solusi untuk meningkatkan laba usaha koperasi agar anggota yang memiliki kelebihan harta bersedia menanamkan modal kepada koperasi maksimal Rp300 juta per orang atau beberapa orang dengan hasil keuntungan bagi hasil atau fifty-fifty.

Pada Rapat Akhir Tahun (RAT) KPN Kemenag Kabupaten HSU yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeltbanda HSU dilaksanakan pula pemilihan anggota pengawas yang baru. Terpilih satu anggota pengawas yakni Ahmad Raihan Hasa.

Selain itu dilaksanakan penyusunan program kerja KPN Kemenag untuk di 2018. Program kerja yang disusun hampir tidak jauh berbeda dengan program kerja koperasi tahun sebelum.

Meski pendapatan KPN Kemenag tahun ini agak menurun, namun disamping berhasil melunasi hutang-hutang permodalannya di bank, koperasi kemenag termasuk koperasi sehat bahkan berprestasi.

Kepala seksi pengawasan, pembinaan dan pengembangan Koperasi dari Diskoperindag dan UKM Kabupateb HSU Ahmad Yani mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan lembaga independen yakni Perguruan STIAnas Banjarmasin peringkat KPN Kemenag termasuk koperasi aktif dan sehat.

"Bahkan mendapat predikat sebagai koperasi yang berprestasi," pungkasnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018