Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Gerakan makan ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan Dinas Perikanan setiap tahun akan diarahkan kegiatannya ke Panti Asuhan dan Pondok Pesantren.

"Beberapa tahun sebelumnya kita melaksanakan sosialisasi Gemarikan ke Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, maka di 2018 kita coba melaksanakannya ke Panti Asuhan dan Pondok Pesantren," ujar Kasi Sarana dan Prasarana Perikanan Sri Yulia Rachmawati di Amuntai, Jum'at.

Yulia mengatakan, sasaran Sosialisasi Gemarikan sengaja diarahkan dilembaga panti asuhan dan Pondok Pesantren agar sosialisasi bisa merata tidak hanya disekolah formal.

Ia mengatakan, sebanyak 10 kali kegiatan Sosialisasi Gemarikan akan dilaksanakan di 10 kecamatan pada 2018. Melalui kegiatan ini dilaksanakan penyuluhan tentang manfaat makan ikan, mengenalkan berbagai jenis ikan lokal yang sering dikonsumsi, membagikan buku dan alat tulis bernyanyi serta makan ikan bersama.

Yulia menambahkan,  tim sosialisasi dari Dinas Perikanan selalu membawa serta berbagai produk olahan makanan berbahan ikan yang cenderung disukai anak-anak seperti pentol bakso, sosis, nugget dan lainnya.

"Berbagai produk olahan makanan berbahan ikan seperti sosis, nugget dan pentol bakso bisa dibeli di sejumlah usaha pengolahan dan pemasaran di Kota Amuntai, jadi para orang tua yang masih kesulitan membuat sendiri jenis makanan olahan ikan ini bisa membelinya," terang Yulia.

Ia berharap para orang tua bisa membiasakan anak-anak makan ikan sejak usia dini agar ketika beranjak dewasa tidak asing lagi mengkonsumsi ikan.

Dijelaskan, banyak kandungan protein hewani dan gizi dalam kandungan ikan segar yang bermanfaat bagi perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018