Tanjung,(Antaranews Kalsel)-Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tabalong meminta Pemerintah Daerah segera merealisasikan 'Bumi Saraba Kawa' sebagai Smart City dan Kota Digital.

Melalui penyediaan sarana internet baik di wilayah kecamatan hingga pedesaan jelas anggota Komisi III DPRD Tabalong  Jurni di Tanjung, Jumat.

"Sebelumnya kita menggelar rapat dengan Dinas Komunimasi Informatika dan Statistik membahas upaya percepatan Tabalong Digital 2018," jelas Jurni.

Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Tabalong ini berharap masyarakat sudah bisa memanfaatkan layanan internet gratis melalui hotspot yang tersedia.

Termasuk meminta kalangan perusahaan, hotel, Rumah makan dan kantor yang ada di wilayah ini bisa membuka akses free wifi sebagai upaya membantu pemerintah daerah Tabalong dalam mewujudkan Tabalong Digital.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong, Imam Fahrullazi menyampaikan tahun ini targetnya Tabalong bisa menjadi Smart City.

"Untuk Tabalong Digital kita menargetkan 2019 namun dewan justru meminta bisa diwujudkan tahun ini," jelas Imam.

Terkait peningkatan layanan komunikasi di wilayah pedesaan Dinas Kominfo setempat bekerjasama dengan PT XL Axiata membangun tujuh  Base Transceiver Station (BTS) di kawasan terpencil.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Tabalong Suriyani Edy masing - masing BTS itu tersebar di Desa Hegar Manah, Desa Dambung Raya, Desa Sungai Kumap, Desa Salikung, Desa Purui dan Desa Panaan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018