Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Hulu Sungai Selatan menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja  (LPK) untuk menggelar pelatihan menjahit berbasis masyarakat.

Kepala Disnakerkop UKP HSS, Sasmi Rifani, di Tibung Raya, Kamis (22/2), mengatakan pelatihan diikuti 20 warga di Kecamatan Kandangan, Telaga Langsat, Kandangan dan Padang Batung.

"Ini merupakan program peningkatan kualitas produktivitas tenaga kerja,  supaya para ibu rumah tangga dan perempuan yang belum memiliki pekerjaan, mampu menjadi seorang wirausaha yang mandiri,"katanya.

Dijelaskan dia, nantinya ibu-ibu yang hanya sebagai ibu rumah tangga dan perempuan belum memiliki pekerjaan bisa berwirausaha sendiri, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari pelatihan.

Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Disnakerkop UKP HSS, Yogi Nardianto, mengatakan pelatihan menjahit dengan membuat pakaian pria dan perempuan, serta kerudung.

Pelatihan dibuka secara resmi Rabu (21/2) di Aula Disnakerkop UKP oleh kepala dinas dan selanjutnya  dijadwalkan  pelatihan setiap hari, selama 20 hari yang dimulai setiap hari mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita.

“Didampingi dua instruktur setiap peserta pelatihan diberikan pelatihan cara membuat baju, celana pria dan perempuan serta kerudung sampai bisa,”katanya.

Dijelaskan dia, tahun 2018 ini rencana pelatihan menjahit tiga kali dilaksanakan, dan setelah pelatihan menjahit selesai, para peserta diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang didapatkan untuk berwirausaha sendiri. 

Maka akan tercipta te­naga kerja baru yang punya keterampilan atau skill untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat, minimal untuk lingkungan keluarga masing-masing.

Ditambahkan dia, selain pelatihan menjahit, pihak dia juga akan melaksanakan latihan las dan perbengkelan sepeda motor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018