Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Masyarakat yang menjadi korban bencana alam di Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, dipastikan akan mendapatkan bantuan sosial berupa beras dari pemerintah daerah.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Entin Lestianti di Amuntai, Kamis, mengatakan setiap orang mendapatkan bantuan beras sebanyak 300 gram beras perorang perhari.

"Jadi jika satu rumah tangga terdapat tiga orang maka masing-masing mendapat bantuan 300 gram beras perhari, bantuan maksimal diberikan selama 60 hari," ujar Entin.

Entin mengatakan, persediaan cadangan beras di Gudang Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Kecamatan Banjang sebanyak 18.633 kilogram gabah atau setara 11.645 kg beras.

Terus dikatakannya, beras yang ada di Gudang CPP merupakan beras lokal yang berasal dari gabah produksi petani HSU yang dibeli oleh pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan.

Tahun ini pihaknya mengalokasikan tambahan 5 ton beras untuk disimpan di Gudang CPP Banjang. Bahkan jika terjadi darurat bencana yang secara resmi diumumkan kepala daerah maka Gudang CPP akan mendapat bantuan 100 ton beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog).

Bantuan beras akan disalurkan kepada korban bencana maksimal tiga kali setelah permohonan disampaikan kepala desa ke Dinas Ketahanan Pangan pasca bencana terjadi.

"Jadi ketika terjadi bencana, kami dari Tim Cadangan Pangan yakni Dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Inspektorat dan Bappeda akan langsung mengadakan rapat pertemuan, kemudian segera meninjau lokasi serta meminta kepala desa untuk mendata korban dan mengajukan surat permohonan bantuan pangan," terang Entin.

Dia juga mengatakan, bantuan tidak hanya datang dari Dinas Ketahanan Pangan, melainkam juga dari Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial dan Satpol PP dan Damkar Kabupaten HSU.

"Bantuan bidang kesra untuk korban bencana juga ada di Satpol PP dan Damkar meski tidak masuk dalam Tim Cadangan Pangan," terangnya lagi.

Entin terus menjelaskan, jenis bantuan, besarannya dan berapa lama bantuan akan diberikan bagi para korban bencana akan diverifikasi Tim Cadangan Pangan berdasarkan data hasil peninjauan lokasi dan permohonan yang diajukan masyarakat.

Bantuan beras disalurkan bagi korban bencana banjir, puting angin beliung, tanah longsor dan kebakaran. Stok gabah yang berada di CPP Banjang berasal dari dana APBD HSU dan APBN.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018