Kandangan, (Antaranews Kalsel)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan(HSS), melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcail) HSS melaunching layanan administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) wilayah Daha.

Sekretaris Disdukcapil HSS, Rahmat, di Tumbukan Banyu, Rabu (7/2), mengatakan launching ini dilakukan dalam upaya mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya pelayanan dokumen kependudukan di wilayah Daha, yakni Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara.

"Launcing tempat layanan ini dilakukan oleh Bupati HSS, H . Achmad Fikry, dan tempat layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil tersebut berada di eks Kantor UPT Dinas Pendidikan, Desa Tumbukan Banyu, Daha Selatan,"katanya.

Dijelaskan dia, launching tempat layanan administrasi kependudukan ini dilatar belakangi oleh adanya pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), pada Tahun 2018 oleh Dirjen Administrasi Kependudukan Pusat.

GISA ini merupakan administarsi kependudukan dari tingkatan keluarga yang lengkap dan update mulai dari Kartu Keluarga (KK), KTP, akte kelahiran.

Administrasi tingkatan keluarga ini kemudian diikuti oleh administrasi tingkat desa, atau kelurahan terus berjenjang ke tingkat kecamatan, sampai pada tingkat kabupaten.

"Untuk Hari ini, Rabu (7/2), kita akan melayani pembuatan KK sebanyak 50 orang, pembutan KTP juga sebanyak 50 orang dan akte kelahiran sebanyak 40 orang,"katanya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan,  adanya launcing tempat layanan administrasi kependudukan adalah usaha pemerintah daerah, dalam memberikan pelayanan atau kemudahan kepada masyarakat yang ingin membuat dokumen kependudukan. 

“Hari ini kita wujudkan adanya tempat layanan administrasi di wilayah Daha, tidak perlu lagi ke Kandangan untuk mengurus dokumen kependudukan, cukup disini,"katanya, saat memberikan sambutan, di Tumbukan Banyu, Rabu(7/2) pagi.

Ditambahkan dia,  tempat layanan di wilayah Daha ini makin mendekatkan layanan publik kepada masyarakat, karena biasanya harus menyuruh orang pergi ke Kandangan untuk mengurus dokumen kependudukan dengan tambahan biaya perjalanan, sekarang bisa dihindari.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018