Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru menyatakan seluruh Sekolah Menengah Pertama dan sederajat siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Seluruh sekolah setingkat SMP dan sederajat siap melaksanakan UNBP pada April 2018 mendatang," ujar Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru, Rahma Khairita di Kota Banjarbaru, Senin.

Menurut kadisdik didampingi Kabid Pembinaan SMP, Alamsyah pelaksanaan UNBK bisa dilakukan secara mandiri oleh sekolah maupun di sekolah lain yang memiliki fasilitas penunjang.

Disebutkan, fasilitas yang diperlukan adalah komputer dilengkapi jaringan internet sehingga bisa digunakan untuk mengakses materi soal-soal ujian yang berlaku secara nasional.

"Bagi sekolah yang siap melaksanakan UNBK mandiri maka tidak masalah karena memiliki sarana pendukung, sedangkan sekolah yang tidak punya sarana akan difasilitasi di sekolah lain," katanya.

Dijelaskan, sekolah mandiri yang ingin melaksanakan UNBK tetapi kekurangan komputer dibolehkan mempergunakan komputer milik siswa yang dipinjamkan untuk kelancaran ujian nasional itu.

"Ada sekolah yang kekurangan unit komputer seperti SMPN 1 dan sesuai kesepakatan dibolehkan menerima komputer atau laptop pinjaman orang tua siswa," katanya.

Dikatakan, jumlah siswa peserta ujian setingkat SMP dan sederajat yang siap mengikuti UNBK sebanyak 4.122 orang terdiri dari 3.065 siswa SMP dan 1.057 siswa Madrasyah Tsanawiyah (Mts).

Mereka sudah disiapkan mengikuti UNBK baik melalui bimbingan pelajaran tambahan yang diberikan guru maupun mengikuti ujicoba ujian yang digelar Disdik Banjarbaru.

"Seluruh siswa calon peserta ujian diberikan bimbingan pelajaran tambahan sehingga siap menghadapi ujian. Selain itu, kami juga melaksanakan uji coba ujian untuk seluruh siswa," ujarnya.

Ditambahkan, uji coba bagi seluruh siswa calon peserta ujian nasional itu dijadwalkan selama dua hari tanggal 14-15 Februari 2018 yang diharapkan bisa diikuti seluruhnya dengan baik.

"Harapan kami, seluruh siswa bisa mengikuti uji coba dengan baik sehingga mereka mendapatkan gambaran terkait kisi-kisi soal yang diujikan pada ujian sebenarnya," kata Alamsyah.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018