Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendorong pemerintah kabupaten dan kota menggali potensi unggulan daerahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Menurut Gubernur, di Banjarmasin, Selasa, upaya memaksimalkan potensi daerah di segala sektor sangat penting untuk terus dilakukan, sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan daerah melalui potensi-potensi baru selain tambang.

Gubernur mencontohkan salah satu daerah yang telah mampu menggali potensi daerah adalah Kabupaten Barito Kuala.

Menurut Gubernur, Kabupaten Barito Kuala, kendati sebagian besar wilayahnya rawa, tetapi telah mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui sektor pertanian dan perkebunan.

Bahkan, kini Barito Kuala telah menjadi salah satu daerah lumbung pangan Kalsel bahkan nasional dengan segala potensi pertaniannya.

Menurut Gubernur, banyak capaian keberhasilan yang dilakukan Pemkab Barito Kuala mulai dari perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan masyarakat hingga program-program yang berpihak dan mengangkat kemandirian masyarakat.

Ia menambahkan Kabupaten Barito Kuala merupakan kabupaten penyokong hasil-hasil pertanian seperti padi dan daerah penghasil perkebunan.

"Barito Kuala bisa menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lainnya di Kalsel, yang mampu menghasilkan produk unggulan daerah," katanya.

Gubernur juga memuji Bupati Barito Kuala Noormiliyani sebagai sosok perempuan hebat yang ingin membuktikan dan terbukti mampu untuk menjadi pemimpin daerah.

"Hj Noormiliyani merupakan pemimpin daerah perempuan pertama di Kalsel, dan bisa menjadi inspirasi perempuan-perempuan lainnya di Kalimantan Selatan," katanya.

Noormiliani mengatakan keberhasilan pembangunan di wilayahnya berkat dukungan penuh dari masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018