Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana menyatakan, penindakan praktik curang penjualan beras di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin hanya sebagai terapi kejut (shock therapy).

"Saya apresiasi Tim Satgas Pangan yang dimotori Dirreskrimsus, dan pemberantasan mafia pangan seperti ini akan terus berlanjut hingga daerah ini bebas dari monopoli para pedagang atau distributor besar," kata Rachmat di Banjarmasin, Senin.

 Menurutnya, Tim Satgas Pangan Polda Kalsel bekerja sepanjang tahun sesuai perintah Presiden Joko Widodo melalui Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Saya ingatkan agar tidak ada lagi pemain seperti ini, kalau masih bermain tunggu ditangkap saja," tegas Kapolda ketika mendatangi Gudang Bulog yang menjadi tempat dititipkannya barang bukti 375 karung beras yang disita.

 Untuk kasus praktik curang penjualan beras yang dibeli dari Bulog tersebut, anggota Subdit I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel masih melakukan pendalaman.

Sang pemilik bernama H Burhanudin alias H Boy diduga melanggar Pasal 143 jo Pasal 99 Undang-Undang No 18 tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak 4 miliar.

Kapolda menegaskan, pelaku diduga melakukan tindak pidana dengan mengganti kemasan beras dari Bulog, yakni beras CBP Operasi Pasar dengan kemasan karung putih polos berles biru yang akan dijual dan dikirimkan ke Surabaya, Jawa Timur.

 "Proses terlapor membeli dari Bulog tidak salah," papar Kapolda didampingi Dirreskrimsus Polda Kalsel Kombes Pol Rizal Irawan.

Terus dikatakannya, namun ketika ingin menjual lagi dengan mengganti kemasan yang tidak diperbolehkan, apalagi mau dikirim ke Surabaya bukan diperuntukkan bagi masyarakat atau konsumen kecil di Kalsel, salah satunya untuk operasi pasar dan sebagainya. 

 Pengungkapan dari Tim Satgas Pangan Polda Kalsel itupun mendapat apresiasi dari Kepala Divisi Regional Bulog Kalsel Dedi Supriadi serta Kepala Dinas Perdagangan Kalsel H Birhasani dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel H Suparno yang turut hadir saat Kapolda mendatangi Gudang Bulog di Jalan Barito Hilir Banjarmasin itu.


Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018