Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Mantan Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan dua periode H Hasanuddin Murad kembali mendapat penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden RI Joko Widodo,  di lapangan Makodam Brawijaya Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/12).

Satyalancana berwarna emas tersebut disematkan oleh Menko Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani  di hadapan peserta Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2017.

Selain Menko PMK Puan Maharani, juga hadir  Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Gorontalo, Bupati/Walikota se Indonesia termasuk Bupati Batola Noormiliyani AS.

Sebelumnya, Mensos Khofifah dalam sambutannya menyampaikan, tema peringatan HKSN kali ini adalah kesetiawanan sosial perekat keberagaman.

"Kekuatan kesetiakawanan sosial itu ada pada jiwa yg diaktualisasikan dlm perbuatan," kata Mensos RI Khofifah.

Menko PMK RI Puan Maharani dalam sambutannya  mengingatkan, gotong-royong harus tetap ada ditengah-tengah masyarakat yang terus berkembang.

"Gotong-royong itu memang bagian dari masyarakat kita. Dengan gotong-royong, niscaya cita-cita bangsa ini bakal tercapai dan kesejahteraan bagi masyarakat akan terwujud. Gotong-royong itu membantu kita menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa yang muncul seiring perkembangan dan kemajuan bangsa dan negara ini," ungkap Puan.

Dia mencontohkan, peringatan HKSN 2017 di Kota Surabaya, Jawa Timur di lapangan upacara Makodam V Brawijaya merupakan hasil dari gotong-royong yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat.

"Peringatan HKSN 2017 di lapangan Makodam V Brawijaya ini digelar dengan megah dan ditambah penampilan berbagai kelompok kesenian yang sangat bagus, ini merupakan bukti bahwa gotong-royong menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita semua," sebut Puan.

Jika Pangdam V Brawijaya tidak memberikan izin pelaksanaan peringatan HKSN 2017 di lapangan upacara ini, lanjut Puan, tentunya penyelenggaraannya tidak di lapangan upacara Makodam V Brawijaya yang megah dan luas ini.

"Gotong-royong itu penting bagi kita semua," tegas Puan.

Sementara, mantan Bupati Batola dua periode H Hasanuddin Murad mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI dan Kementerian Sosial menilai dirinya layak mendapat penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada Presiden, Kemensos, dan semua pihak yang terlibat dalam penilaian ini. Namun bagi kami secara pribadi, tiada yang lebih penting dibandingkan kesejahteraan rakyat,”pungkasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017