Barabai, (Antaranews Kalsel) - Dewan Kesenian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memborong  penghargaan pada Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIV.

Aruh Sastra yang mengangkat tema "Mahumang Makna Di Huma Aksara" berlangsung selama selama tiga  hari yaitu 17-19 November 2017 di Pendopo Kabupaten HSS dan Panggung Terbuka Darmansyah Zauhidie Kandangan. 

Ketua rombongan ASKS HST, Kaspul Anwar AK menyampaikan dari beberapa kategori yang dilombakan pada ajang tahunan itu, Dewan Kesenian HST berhasil memborong lima piala.

"Yaitu pada lomba cipta puisi mulai dari juara dua sampai juara harapan tiga dan untuk kategori lomba penulisan Kisdah memperoleh juara kedua serta pada kategori teater berhasil meraih peringkat ketiga dengan menampilkan Jelang Pertempuran Madang karya Kayla Untara," katanya.

Dia mengungkapkan sangat bersyukur atas raihan prestasi di ajang ASKS XIV ini karena HST mampu bersaing dengan para seniman-seniman se Kalimantan.

Menurutnya keberhasilan ini tidak lepas dari perhatian Bupati HST dengan memberikan fasilitas dan bantuan kepada para seniman untuk mengikuti event tahunan ini.

"Terima kasih kepada Bupati HST atas dukungannya serta kepada rekan- rekan para sastrawan yang sudah bekerja keras mengharumkan nama daerah di ajang ASKS ke XIV ini," katanya.

Dia menjelaskan ASKS merupakan ajang pertemuan dan silaturahmi para sastrawan, seniman dan budayawan se Kalimantan Selatan dan juga di hadiri dari luar pulau Kalimantan bahkan luar negeri.

"Kegiatan ini sudah menginjak  tahun ke-14 serta menjadi kegiatan sastra terbesar di banua dan juga sangat dinantikan, karena membuka silaturahim sesama sastrawan dan acara bergengsi di dalam pagelaran sastra di Kalsel," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017