Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Sebanyak 33 orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Pamwascam) yang akan bertugas di 11 Kecamatan Se Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) resmi dilantik.


Bertempat di Gedung Juang Barabai Rabu (8/11) para anggota dilantik dan diambil supah oleh Ketua Panwaslu HST Muhammad Subhan dan juga dihadiri oleh para Camat, Kapolsek, Danramil dan perwakilan Panwaslu se Kalsel.

Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan berharap agar seluruh Panwascam yg baru dilantik dapat mengemban tugas dengan amanah, jujur dan adil serta jangan sampai terlibat kasus hukum karena bisa dikenankan sanksi bahkan pidana.

"Guna mensukseskan Pemilu kami juga berharap agar Panwascam dapat bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu yaitu PPK dan selalu berkoordinasi dengan pihak Koramil serta Kapolsek dalam melakukan pengawasan di lapangan," kayanya.

Asisten Bupati Bidang Pemerintahan H Ainur Rafiq menyampaikan Panwascam harus bekerja secara cerdas dan professional dengan senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip pengawasan yang independen, sehingga mampu mendeteksi secara akurat dari berbagai potensi pemilu yang mungkin akan terjadi.

"Pada tahun 2019 kita kembali akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan DPR, DPD, DPRD dan Presiden, oleh karena itu kita semuanya harus memiliki sikap kesiapan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk anggota Panwascam sebagai unsur pelaksana pengawasan pemilu," katanya.

Menurutnya pelantikan pada hari ini memiliki arti yang penting, karena Panwascam akan ikut menentukan suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 nanti maka diharapkan anggota Panwascam dapat bekerja secara optimal.

"Kami mengingatkan agar seluruh anggota Panwascam segera membuat agenda kerja pengawasan dengan merujuk pada aturan yang berlaku, bangunlah komitmen dan kerjasama dengan seluruh pihak terkait di tingkat kecamatan dalam menghadapi penyelenggaraan pemilu," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017