Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Sebanyak Enam Partai baru mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Pendaftaran yang ditutup pada Senin malam (16/10) pukul 24.00 Wita dan pada masa perbaikan Selasa (17/10) pukul 23.59 WITA Partai Republik menjadi yang terakhir menyerahkan perbaikan dokumen.

Ketua KPU HST A Dzulfadli menyampaikan Partai baru lainnya yang mendaftar paling awal adalah Perindo karena dokumen kelengkapan masih kurang terpaksa harus dikembalikan untuk perbaikan seperti halnya Partai Idaman.

"Sedangkan Partai baru yang langsung dapat diterima tanpa dilakukan perbaikan adalah Partai Berkarya, PSI dan Garuda," katanya.

Menurutnya permasalahan kenapa dikembalikan adalah rata-rata karena Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP masih kurang atau tidak sesuai lampiran model F2 Parpol yang dikeluarkan KPU.

"Partai lama juga banyak yang dikembalikan untuk perbaikan namun semuanya telah menyerahkan berkas sesuai tanggal yang kami tetapkan," katanya.

Komisioner Bidang Hukum Fahruddin juga mengungkapkan 12 Partai lama yang mendaftar adalah PDI Perjuangan, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, PPP, Golkar, PKB, Demokrat, PKPI dan PBB.

"Persyaratan Partai Politik tingkat Kabupaten sesuai ketentuan harus menyerahkan daftar salinan nama anggota, Salinan KTA dan Salinan KTP elektronik sebanyak 1000  atau 1/1000 (seper seribu) jumlah penduduk Kabupaten HST," ungkapnya.

Selanjutnya Pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi data sampai tanggal 15 November mendatang untuk meneliti kesesuaian dari berkas yang diserahkan.

"Setelah itu KPU akan melakukan tahapan verifikasi faktual dari tanggal 15 November 2017 hingga 5 Februari 2018 dengan terjun langsung ke lapangan dan direncanakan Pada 17 Februari 2018, KPU mengumumkan parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2019," ujar Fahruddin.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017