Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru drg Agus Wijaya dan Kabid Kesehatan Masyarakat H Rahmadi serta Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel membuka kegiatan lomba senam Lansia yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru bertempat di Aula Gawi Sabarataan Kota Banjarbaru, Kamis.

Panitia pelaksana kegiatan H Rahmadi mengatakan tujuan dari lomba senam Lansia ini adalah untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) promotif dan preventif.

Dan secara khusus sebagai upaya pencegahan suatu penyakit. Peserta lomba terdiri dari 9 TIM, satu TIM terdiri dari 6 orang berjumlah 56 peserta. Tim juri adalaha dari Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM), Yayasan Jantung Sehat dan salah satu guru olahraga di Kota Banjarbaru.

Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan lomba senam Lansia sebagai salah satu wadah untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) khususnya di Kota Banjarbaru.

Dimana kegiatan seperti ini juga bisa menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Selatan, karena semua elemen masyarakat membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Bahkan Kota Banjarbaru sudah ada ± 42 Posyandu untuk pemeriksaan kesehatan Lansia.

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menyampaikan bahwa dalam Undang Undang Kesehatan pasal 138 disebutkan bahwa upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia ditunjukan untuk menjaga agar para lanjut usia itu tetap sehat, produktif secara sosial dan ekonomis. 

Untuk itu pemerintah wajib menjamin kesediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok usia untuk tetap dapat hidup mandiri dan produktif. Lanjut usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dimana upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia diarahkan agar tetap diberdayakan sehingga berperan dalam kegiatan pembangunan dengan memperhatikan fungsi, keterampilan, usia dan kondisi fisik dan lanjut usia tersebut.

Usia lanjut usia adalah suatu kejadian yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai umur panjang, terjadinya tidak bisa dihindari oleh siapapun. Pada usia lanjut akan terjadi berbagai kemunduran pada organ tubuh, namun tidak perlu berkecil hati, harus selalu optimis, ceria dan berusaha agar selalu tetap sehat di lanjut usia, jadi walaupun usia lanjut harus tetap menjaga kesehatan.

Meningkatnya jumlah lansia sebenarnya adalah indikator yang menunjukan semakin sehatnya penduduk Indonesia, karena usia harapan hidupnya meningkat meskipun disisi lain produktivitas mereka menurun.

Proses penuaan tentunya berdampak pada berbagai aspek bertambahnya usia, fungsi organ tubuh akan semakin menurun baik karena faktor alamiah maupun karena penyakit.

Semua tentu tahu manfat dari senam sangatlah banyak, seperti pencegahan (untuk mencegah timbulnya suatu penyakit, pengobatan (penyakit yang dapat disembuhkan dan dikurangi dengan senam lansia adalah diantaranya penyakit kencing manis dan osteoporosis) dan rehabilitasi (memperkuat degenerasi karena telah mengalami perubahan usia, mempermudah untuk menyesuaikan kesehatan jasmani dala kehidupan dan fungsi menlindungi yaitu memperbaiki tenaga cadangan dalam bertmbahnya tuntutan/sakit).

Data menunjukan bahwa ada kecenderungan angka kesakitan lanjut usia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Seperti meningkatnya penyakit tidak menular semakin meningkat, kondisi ini tentunya harus mendapatkan perhatian berbagai pihak. 

Lanjut usia yang sakit-sakitan akan menjadi beban bagi keluarga, masyarakat dan bahkan pemerintah, sehingga akan menjadi beban dalam pembangunan. Untuk dari itu pemerintah melaksanakan lomba senam lansia ini agar para lansia dapat membugarkan diri dengan senam tidak hanya berdiam diri di tempat.

Pelaksanaan lomba ini merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) tahun 2017 dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Senam merupakan salah satu bagian dari usaha menjaga kesehatan dan kebugaran termasuk kesehatan jantung dan pembuluh darah yang bertujuan untuk menjaga tubuh agar dalam keadaan sehat dan aktif, membina dan meningkatkan kesehatan serta kesegaran jasmani dan rohani. 

Hj Eny berharap dengan diadakannya lomba senam lansia se kota banjarbaru ini kita semua dapat membantu dalam menjaga kesehatan serta aktif berperan serta dalam meningkatkan kebugaran para lansia.

Pada kesempatan itu Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menyerahkan buku panduan kesehatan kepada salah satu perwakilan Lansia. Dan Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya juga melakukan pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017