Banjarmasin, (Antaranewas Kalsel) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Aiptu Mujiyanto, seorang anggota Bhabinkamtibmas Polres Kotabaru, Kalsel, sebagai pejuang kemanusiaan.

"Aiptu Mujiyanto diberikan penghargaan oleh Kapolri sebagai pejuang kemanusiaan ciptakan gerakan sehari Rp1.000 satu keluarga," kata Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH di Banjarmasin, Jumat.

Penghargaan tersebut diserahkan Kabaharkam saat acara tatap muka dengan para Direktur, Kapolres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas jajaran Baharkam Polda Kalsel di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin, Jumat.

Selain Aiptu Mujiyanto, ada dua anggota Polri lainnya yang juga menerima penghargaan serupa dari Kapolri, yakni Bripka Sardi yang selama ini seorang Da`i Kamtibmas Polres Tabalong dan Bripka Sidiq Martujet dengan kepeduliannya terhadap permasalahan sosial di lingkungan tugasnya.

Komjen Putut berharap para polisi dengan dedikasi tinggi untuk memberikan pengabdian tulus kepada masyarakat tersebut patut dicontoh anggota lainnya, sehingga citra Polri semakin baik sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Sementara itu di sisi lain, Aiptu Mujiyanto mengaku Komunitas Al Hijrah yang dikelolanya sejak 2014 sudah banyak membantu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kotabaru, khususnya di daerahnya mengabdi di Desa Serongga Polsek Kelumpang Hilir.

Mujiyanto mengungkapkan, saat ini ada sekitar 60 orang bergabung di Komunitas Al Hijrah dari anggota Polri, pedagang hingga pelajar.

Jadi setiap anggota menaruh uang Rp1.000 sehari di wadah yang disediakan di rumah masing-masing. Nantinya setiap tanggal 5, Mujiyanto mengambil uang tersebut untuk dikumpulkan.

"Uang yang terkumpul kami belikan sembako dan sebagainya untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan, mungkin bagi kita nilainya tak seberapa namun bagi fakir miskin sungguh sangat berarti," tutur polisi yang berdinas sejak tahun 1991 itu.

Bukan itu saja, Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto berharap prestasi yang telah diraih anak buahnya itu dapat memberikan motivasi bagi anggota lainnya, termasuk Bhabinkamtibmas agar bisa berbuat hal yang sama.

"Saat ini Bhabinkamtibmas Polres Kotabaru berjumlah 115 orang, mereka semua saya berikan dorongan agar bisa berinovasi dan berbuat sesuatu yang bermanfaat baik bagi institusi maupun masyarakat binaannya," ujar Alumni Akpol 1998 itu.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017