Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Lahan kosong berada dipinggir jalan negara Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan terbakar, Selasa (22/8) malam.

Untungnya kebakaran lahan itu tidak sampai merebet ke permukiman warga karena barisan pemadam kebakaran Kecamatan Bati-Bati cepat turun melakukan pemadaman di beberapa titik api di kawasan lahan kosong tersebut.

Salah satu warga Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang H Asrani saat berada di lokasi kejadian mengatakan, kebakaran lahan tersebut terjadi dari siang sekitar pukul 14:00 Wita hari hingga malam.

kebakaran lahan tersebut, menurut dia, karena lahan tidak digarap oleh pemiliknya atau dibiarkan begitu saja tanpa dipelihara.

"Seandainya lahan itu dibersihkan dan ditanami tentunya tidak terjadi kebakaran seperti sekarang ini,"ungkapnya.

Diutarakannya, kebakaran lahan juga terjadi di wilayah Kecamatan Kurau beberapa hari lalu, namun karena kesigapan petugas api dapat dipadamkan.

Ditambahkan warga Desa Gunung Raja Rahmadi, kebakaran lahan kosong di Desa Gunung Raja tersebut karena lahannya tidak diurus dengan baik oleh pemiliknya.

"Kalau diurus dengan baik dan ditanami pohon atau jenis lainnya tentunya tidak terjadi kebakaran lahan," demikian tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017