Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Lomba Dayung Perahu Naga, Sabtu (19/8).

Lomba berlangsung di Siring Wisata Kota Marabahan itu dilaksanakan selain untuk memeriahkan HUT ke-72 RI Tahun 2017 sekaligus sebagai ajang uji coba bagi tim dayung Batola dalam persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Provinsi) Kalsel X Tahun 2017 di Tabalong pada 8 sampai15 Oktober 2017 mendatang.

Tak heran dalam kejuaraan terbuka tersebut  tim dayung Batola Kodok Sambur A mampu mengungguli peserta lainnya baik yang berasal dari wilayah Batola sendiri maupun dari luar seperti Banjarmasin 1 dan Banjarmasin 2 maupun Datu Muning Tapin.

Kodok Sambur A berhasil meraih juara I, sedangkan Kodok Sambur B yang juga dari tim PODSI Batola hanya menempati posisi III. Untuk juara II diraih Wiro 99 dari Kecamatan Alalak, dan juara IV diraih regu dayung Sejalur A dari Kecamatan Marabahan.

Bupati Batola H Hasanauddin Murad saat membuka kegiatan menyatakan sangat mengapresiasi lomba dayung tersebut.

Lebih-lebih lomba yang digelar dalam kaitan pelaksanaan uji coba persiapan Porprov di Tabalong sekaligus bagian upaya mencari bibit-bibit baru yang handal dalam rangka regenerasi ke depan.

Hasanuddin Murad berharap, dengan terbangunnya regenerasi atlit dayung ini nantinya akan mampu mempertahankan dan mengharumkan nama Barito Kuala yang telah memiliki banyak prestasi dalam olahraga dayung baik pada even lokal, regional, nasional, bahkan internasional.

Sementara kepada pihak Disporbudpar, KONI, dan PODSI Batola, bupati berpesan,  agar terus memberikan pendampingan, pengarahan, dan pembinaan secara intensif dan berkelanjutan, sehingga segala potensi dan prestasi yang telah diraih dapat terus meningkat dan berkembang dari waktu ke waktu.

"Langkah ini sekaligus untuk mendorong tercapainya tujuan pembangunan yang lebih baik dan lebih maju lagi khususnya di bidang olahraga terutama olahraga dayung," tutur mantan Dosen Fakultas Hukum ULM itu.


Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017